Bisa Dipraktekkan! inilah waktu-waktu terbaik dalam bersedekah sesuai anjuran Rasulullah SAW

Bisa Dipraktekkan! inilah waktu-waktu terbaik dalam bersedekah sesuai anjuran Rasulullah SAW

Bisa Dipraktekkan! inilah waktu-waktu terbaik dalam bersedekah sesuai anjuran Rasulullah SAW--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sedekah merupakan salah satu amalan bernilai pahala yang besar dan sangat dicintai oleh Allah SWT dan Rasulullah.

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk berbagi kepada sesama yang kekurangan.

Sedekah bisa dilakukan kapan saja selagi kita memiliki kelapangan baik harta, tenaga, atau pikiran, karena sedekah tidak hanya dengan harta. Terutama pada bulan Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat ini, kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah kepada sesama, terutama kepada orang yang sedang berpuasa. Karena nilai pahalanya sama dengan pahala orang yang sedang berpuasa tersebut.

Para Sahabat Nabi S.A.W sendiri langsung menyaksikan kemurahan hati Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

BACA JUGA:Mimpi Basah di Siang Hari saat Puasa di Bulan Ramadan, Apakah Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya


Kewajiban sedekah muslim,--Foto : Freepik.com/freepik

Para Sahabat mengatakan bahwa Rasulullah SAW adalah orang yang paling murah hati. Terlebih di Bulan Ramadhan, kemurahan hati Rasulullah SAW tampak lebih dari pada di bulan lainnya.

Dalam sebuah riwayat menyebutkan jawaban Rasulullah SAW tentang keutamaan berbagi atau sedekah saat bulan Ramadhan, seperti dilansir dari NU Online. Sedekah saat bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri, sebagaimana riwayat sahabat Anas bin Malik ra:

“Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan.’” (HR At-Tirmidzi).

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk bersedekah dan berbuat baik pada bulan Ramadhan. Sebagaimana diketahui, pahala beribadah dan setiap kebaikan yang dilakukan saat Ramadan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Termasuk di dalamnya pahala bersedekah ketika Ramadan.

 BACA JUGA:Etika dalam Menagih Utang dalam Perspektif Islam

Hal ini tertuang dalam salah satu hadis Rasulullah SAW:, beliau bersabda,

 “Barang siapa yang pada bulan itu (Ramadan) mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, maka nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Pada dasarnya, tidak ada batasan untuk bersedekah namun ada waktu-waktu tertentu yang dikatakan sebagai waktu terbaik untuk bersedekah. Jika seseorang bersedekah di waktu-waktu utama, tentu saja pahalanya juga akan lebih besar daripada waktu-waktu yang tidak utama meskipun dalam bersedekah tidak ada batasan waktu dan batasan harta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber