Kota Terbesar dan Kota Terindah Kaya Potensi di Indonesia

Kota Terbesar dan Kota Terindah Kaya Potensi di Indonesia

Kota Terbesar dan Kota Terindah Kaya Potensi di Indonesia - Keanekaragaman Budaya, Ekonomi, Eksplorasi Kecantikannya, Jakarta --Foto : instagram@putu_subada_kusuma_official

Indonesia adalah negara besar dari Sabang sampai Merauke, dengan banyak kota yang tersebar di banyak provinsi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, akan ada 98 kota di Indonesia. Beberapa dari 98 kota yang ada saat ini merupakan wilayah yang sangat luas dan berfungsi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, potensi pariwisata, dan sumber daya alam.

BACA JUGA: Pasar Ramadhan Mampu Tingkatkan Perekonomian Warga dan UMKM

 

12 kota terluas di Indonesia yang menawarkan keindahan dan keanekaragaman alam adalah sebagai berikut:

1. Palangkaraya

Kota Palangkaraya terletak di provinsi Kalimantan Tengah dan merupakan kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayah. Palangkaraya memiliki luas 2.853 kilometer persegi. Medan kota ini datar dan bergunung-gunung dengan luas kurang dari 40%. Palangkaraya juga merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Tengah.

 

2. Kota Dumai

Terletak di Provinsi Riau, Kota Dumai menempati wilayah seluas 1.727 kilometer persegi. Dumai adalah sebuah kota di pesisir timur Sumatera, menghadap Selat Malaka. Kota ini merupakan salah satu rute lalu lintas tersibuk di dunia dan terletak di dalam Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT).

BACA JUGA:Pengamat Politik: Buka Kotak Suara, Ada Potensi Tindak Pidana Pemilu!


Kota Dumai sebagai jantungnya Sumatera dan pintu gerbang Indonesia bagian barat bagi Dunia--Foto : Instagram/@sutawijay

 

3. Tidore

Kota Tidore terletak di provinsi Maluku Utara dan memiliki luas wilayah 1.550 kilometer persegi, menjadikannya kota terbesar ketiga di Indonesia. Nama kota ini berasal dari zaman kolonial karena cengkeh dan pala. Kota Tidore dulunya adalah ibu kota wilayah barat Irian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber