Kakanwil Kemenkumham Sumsel Serahkan Penghargaan Kabupaten-Kota Peduli HAM kepada Pj Gubernur Sumsel

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Serahkan Penghargaan Kabupaten-Kota Peduli HAM kepada Pj Gubernur Sumsel

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya serahkan Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM kepada Pj Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni di Auditorium Bina Praja, Rabu (13/3/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dinilai telah berhasil membina dan membangun sebagian Kabupaten/Kota Peduli HAM di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Pj Gubernur Sumatera Selatan menerima Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM, yang disampaikan langusng oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya menyerahkan langsung Piagam Penghargaan kepada Pj Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni di Auditorium Bina Praja pada hari Rabu, 13 Maret 2024 pada rangkaian kegiatan Pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Provinsi Sumatera Selatan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya menyampaikan bahwa Provinsi Sumatera Selatan berhasil mendapatkan Piagam Penghargaan oleh karena Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan telah melebihi target 50 persen penerima predikat Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Dari 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, 12 Kabupaten/Kota telah berhasil meraih predikat Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKPHAM).

BACA JUGA: Gugus Tugas Daerah Bisnis dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sumatera Selatan Resmi Dikukuhkan

12 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan yang berhasil meraih predikat KKPHAM tersebut di antaranya Kota Palembang, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kabupaten Lahat, Kota Lubuklingau, Kota Pagar Alam, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Kemudian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur), dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan).

Menurut Kakanwil Kemnkumham Sumsel Ilham Djaya, penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tersebut merupakan upaya dari Pemerintah untuk meningkatkan peran serta dan tanggung jawab dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan penegakan dan pemajuan HAM.

“Alhamdulillah di tahun 2023 ini Provinsi Sumatera Selatan berhasil meningkatkan perannya untuk mendorong Pembangunan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) di Sumatera Selatan,” kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya.

BACA JUGA: Optimalkan Keamanan Selama Ramadhan, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ajukan Peningkatan Pengawasan Lapas

Sementara itu, dengan penghargaan yang didapatkan daerah-daerah tersebut, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi atau penyemangat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Agus Fatoni melihat fakta bahwa tugas memberi pelayanan kepada masyarakat, terutama melayani dan menyejahterakan masyarakat harus senantiasa ditingkatkan.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menilai hal positif dari penghargaan yang didapat. Menurut Agus Fatoni kinerja Pemerintah Daerah telah diakui.

Selain masalah Hak Asasi Manusia (HAM), Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan bahwa masih ada kegiatan lain yang tak kalah penting dikerjakan agar semuanya berjalan baik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: