Pertumbuhan Mengesankan dalam Sektor Ilmate Indonesia, Apa saja Sektor Ilmate itu?

Pertumbuhan Mengesankan dalam Sektor Ilmate Indonesia, Apa saja Sektor Ilmate itu?

Ekspor komoditas terbesar Indonesia adalah mobil dan kendaraan bermotor, aksesoris mencapai USD9,33 miliar.--Foto : Indonesia.go.id

 

Kontribusi Terhadap PDB

Sektor Ilmate terbukti menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi nasional. Data BPS menunjukkan bahwa sektor ini memberikan kontribusi sebesar 4,27 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional pada tahun 2023.

Kontribusi ini tidak hanya terbatas pada sektor industri itu sendiri, tetapi juga memberikan dampak positif pada industri pengolahan nonmigas secara keseluruhan.

BACA JUGA:Saat kalian Kredit Mobil Bekas, Sebaiknya Tahu Waktu Ideal Berapa Tahun?

 

Faktor Pendukung Pertumbuhan

Pertumbuhan yang impresif ini didorong oleh beberapa faktor kunci. Salah satunya adalah pertumbuhan yang konsisten dari industri logam dasar.

Subsektor ini telah meraih pertumbuhan double digit setiap tahun sejak 2021, dengan pusat pertumbuhan yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

Kenaikan permintaan produk besi baja dari luar negeri, terutama Tiongkok, menjadi salah satu faktor utama dalam kesuksesan subsektor ini.

BACA JUGA:OJK Cabut Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha Pay Later Akulaku Finance

 

Regulasi yang Mendukung

Penerbitan Peraturan Menteri Perindustrian yang baru menandakan komitmen pemerintah dalam mendukung pertumbuhan sektor industri, khususnya industri baja.

Regulasi ini diharapkan dapat mengokohkan stabilitas industri baja nasional dan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pembangunan ekonomi nasional melalui peningkatan nilai tambah serta efek multiplier bagi peningkatan daya saing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id