Pertumbuhan Mengesankan dalam Sektor Ilmate Indonesia, Apa saja Sektor Ilmate itu?

Pertumbuhan Mengesankan dalam Sektor Ilmate Indonesia, Apa saja Sektor Ilmate itu?

Ekspor komoditas terbesar Indonesia adalah mobil dan kendaraan bermotor, aksesoris mencapai USD9,33 miliar.--Foto : Indonesia.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada tahun 2023 lalu, sektor industri logam, mesin, alat transportasi, dan elektronika (Ilmate) Indonesia mencatat pertumbuhan yang mengesankan dengan angka double digit.

Meskipun perekonomian global mengalami perlambatan, sektor ini berhasil menunjukkan kinerja yang tangguh, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi nasional.

 

Pemicu Perlambatan ekonomi

Perlambatan ekonomi global yang dipicu oleh berbagai faktor termasuk penurunan harga komoditas logam dan mineral serta stagnasi perdagangan global tidak luput memberi dampak pada Indonesia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa ekspor Indonesia mengalami penurunan sebesar 8,06 persen dalam periode Januari 2023 hingga Januari 2024.

Hal ini tercermin dari turunnya ekspor nonmigas dan migas, menunjukkan tren yang tidak menggembirakan baik secara bulanan maupun tahunan.

BACA JUGA:Siap-siap, PPN Naik 12 Persen pada Tahun 2025

 

Pencapaian Subsektor Ilmate

Namun, di tengah tantangan tersebut, subsektor Ilmate berhasil mencatat pertumbuhan yang luar biasa. Menurut laporan Kementerian Perindustrian, pertumbuhan subsektor Ilmate mencapai 10,70 persen secara year on year (yoy) pada tahun 2023, senilai Rp632,51 triliun.

Keberhasilan ini bukan hanya sekadar mengungguli pertumbuhan ekonomi nasional, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap industri manufaktur dan ekonomi secara keseluruhan.

 

BACA JUGA:Proyeksi OJK: Penyaluran Pembiayaan Diprediksi Melonjak Menjelang Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id