Perkembangan Terbaru di Google Play Store: Unduhan Paralel Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Perkembangan Terbaru di Google Play Store: Unduhan Paralel Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Pembaruan Google Play Store--Foto : Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Langkah ini, yang telah dinantikan oleh pengguna Android, kemungkinan akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan di Play Store.

Google Play Store berfungsi sebagai pusat utama bagi pengguna Android, dengan memiliki perpustakaan besar aplikasi dan permainan.

Ini menyediakan aplikasi dari pengembang terpercaya, memungkinkan pengguna untuk mengunduh, memperbarui, dan bahkan menawarkan rekomendasi untuk aplikasi sesuai dengan selera dan preferensi mereka.

Meskipun Google Play Store umumnya aman, ada satu masalah - atau lebih tepatnya sebuah kekurangan - yaitu ketidakmampuan untuk mengunduh beberapa aplikasi sekaligus.

BACA JUGA:Google akan menutup Gmail pada Agustus 2024? Jangan Percaya Rumor, Hanya Sebagian Kecil Yang Akurat

Sebaliknya, ketika beberapa unduhan dipilih, Google Play menempatkan unduhan tersebut dalam daftar tertunda, bahkan dengan koneksi internet cepat seperti Wi-Fi atau 5G, yang telah membuat pengguna meminta perusahaan untuk segera mengatasi masalah ini. Namun, sepertinya tungguan akhirnya berakhir. 

Google saat ini dikabarkan sedang menguji cara untuk mengurangi waktu pembaruan aplikasi melalui unduhan paralel alih-alih sistem sekuensial saat ini.

Menurut AssembleDebug (melalui TheSpAndroid), yang memantau fitur-fitur aplikasi Google, perusahaan saat ini sedang mengerjakan pembaruan baru yang akan memungkinkan unduhan simultan di Play Store. Laporan tersebut menyarankan bahwa dengan pembaruan Play Store terbaru, versi 40.0.13, Google sedang fokus pada instalasi paralel.

BACA JUGA:Tren PHK: Cisco, Mozilla bergabung dengan Google dan Amazon Dalam Mem-PHK Ratusan Karyawan.

Pembaruan ini berisi bendera eksperimental yang, ketika diaktifkan, memungkinkan unduhan simultan. Selain itu, dengan mengutip pengujian pribadi, laporan tersebut lebih lanjut mengonfirmasi fungsionalitasnya, dengan tangkapan layar yang tersedia untuk menunjukkan proses instalasi paralel.

Meskipun fitur ini berguna, ada juga batasan. Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa Google mungkin tidak akan memperluas instalasi paralel ke pembaruan aplikasi dalam bagian "Kelola aplikasi & perangkat".

Memilih "Perbarui semua" atau tombol "Perbarui" aplikasi individu kemungkinan besar akan menghasilkan pembaruan sekuensial, satu aplikasi pada satu waktu. Selain itu, Google telah menetapkan batas default dari dua unduhan simultan.

Namun, batasan ini dapat disesuaikan - pengujian berhasil meningkatkannya dari dua menjadi lima unduhan. Selain itu, kemampuan untuk mengatasi unduhan simultan, terutama untuk pembaruan yang lebih besar, mungkin terbatas pada perangkat yang lebih lama. Hal ini menunjukkan perlunya pengujian beta lebih lanjut sebelum pengguliran yang lebih luas.

BACA JUGA:Google AI Bantu Petakan Emisi Metana, Gas Paling Bahaya Daripada CO2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: india today