Ragit Khas Palembang Penggoyang Lidah

Ragit Khas Palembang Penggoyang Lidah

Ragit makanan khas Palembang penggoyang lidah.--twitter.com/@Sarapan_palembang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota PALEMBANG merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan, telah menjadi salah satu kota yang dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung. Dengan kondisi luas daerah 400,61 kilometer persegi, Kota PALEMBANG menyuguhkan wisata religi, sejarah maupun wisata kulinernya.

Bicara soal kuliner, Kota Palembang memilik banyak makanan yang dijamin bakal membuat lidah para wisatawan bergoyang serta penasaran dengan kulinernya tersebut.

Sekarang ini, kota Palembang identik dengan makanan khasnya yaitu pempek. Tapi ada jenis makanan khas lain yang membuat para wisatawan yang berkunjung ke Palembang menjadi susah lagi untuk pulang. Jadi penasaran kan apakah makanan tesebut?

Makanan tersebut ialah ragit atau roti jala. Makanan ini dapat kita temukan di penjuru Kota Palembang. Salah satunya di kawasan Pasar Kaget Komplek Yuka Sukatani, Kecamatan Sako Kota Palembang.

BACA JUGA:Video: Heri Amalindo Komandoi FKPPI Kota Palembang

Bentuk makanan ragit yaitu segitiga dan memiliki garis seperti jala. Ragit yang dibuat dengan campuran tepung terigu dan tepung beras ini akan bertambah nikmat saat disantap dengan kuah kari. Nah, campuran inilah yang bakal membuat lidah para wisatawan bergoyang dan ketagihan.

“Makanan yang mirip dengan roti jala asal Medan itu banyak peminatnya, karena makanan ini sangat gurih tetapi pembuatannya cukup lama sehingga konsumen harus mengantri selama 20 menit,” ujar Susi penjual ragit di Pasar Kaget Komplek Yuka, Senin (8/5/2023).

Susi juga menerangkan, ragit dapat dinikmati dengan dua jenis kuah kari yakni kuah ayam dan kuah daging. Namun, banyak masyarakat lebih memilih kuah kari daging karena rasanya yang sangat gurih.

Satu porsi ragit dijual sebesar Rp10.000 sehingga masyarakat dapat menikmatinya dengan harga terjangkau, dengan rasa yang gurih sehingga tidak membuat pembeli kecewa.

BACA JUGA:Jangan Biarkan Laptop Anda Panas, Lakukan Cara Ini Agar Awet

“Rasa ragit yang gurih dengan harga ekonomis, membuat saya ingin terus membeli ragit di Pasar Kaget Komplek Yuka yang buka setiap hari Senin. Tidak lengkap rasanya jika belanja di Pasar Kaget Komplek Yuka tidak membeli ragit buatan ibu Susi,” ujar Aisyah pembeli ragit.

Selain dapat mencicipi ragit ini, para wisatawan pun dapat membuat sendiri makanan khas Palembang ini. Bahan makanan ragit dengan mudah ditemukan di warung maupun di tempat belanja, lalu cara memasaknya pun mudah untuk dilakukan.

Berikut bahan dan cara membuat ragit Palembang.

Bahan kulit ragit:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber