Hati-hati ! Hindari Perkara-perkara ini Karena dapat Merusak Amal Ibadah

Hati-hati ! Hindari Perkara-perkara ini Karena dapat Merusak Amal Ibadah

perkara yang dapat merusak amal kebaikan.--Ilustrasi : freepik@kamranaydinov

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Allah SWT menciptakan manusia untuk beribadah kepada-Nya. Dan sebagai umat Islam yang mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW dan ajaran-Nya, sudah seharusnya kita berlomba-lomba dalam beramal sholeh agar mendapatkan pahala dan ridha Allah SWT.

Akan tetapi, meskipun dengan beragam amal sholeh yang dikerjakan, terkadang amalan yang dilakukan tidak mendapat ridha dari Allah SWT. seorang muslim hendaknya tetap harus berhati-hati dalam bertindak dalam beragam situasi karena terdapat beberapa perkara yang bisa merusak amal sholeh atau tidak diterimanya amal kebaikan.

Amal Ibadah tidak hanya berkaitan dengan aspek kuantitas, tetapi juga kualitas. Karena itu, kaum Muslimin hendaknya menghindari perkara yang dapat merusak amal kebaikan. Sebagaimana dalam sebuah hadis Dari Abi Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Jauhilah tujuh dosa penghancur (amal).” Para sahabat bertanya, “Apakah yang tujuh itu?”  Beliau menjawab, “Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang Allah larang kecuali dengan hak (hukum), memakan riba, memakan harta anak yatim (dengan jalan yang tidak benar), melarikan diri saat pertempuran (jihad), serta menuduh (zina) wanita Mukminah yang memelihara kehormatannya.” (HR Bukhari).

 BACA JUGA:8 Arti Dari Posisi Alat makan di Atas Meja dan 10 Kebiasaan Makan Islami Yang Harus Anda Ketahui.

 

Berdasarkan hadits di atas, bahwa amal seseorang bisa saja gugur atau rusak jika melakukan perkara-perkara yang dilarang Allah SWT. Selain itu, ada beberapa perkara yang bisa merusak atau bahkan menghapus pahala amal ibadah, yang terkadang kita lakukan tanpa kita sadari.

Berikut ini perkara-perkara yang bisa merusak amal ibadah, yang telah paltv.disway.id rangkum dari berbagai  sumber.

1.  Ujub atau Kebanggaan Berlebihan Terhadap Diri Sendiri

Salah satu perkara yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan rusaknya amal ibadah adalah sifat Ujub atau perasaan kagum yang berlebihan terhadap diri sendiri, Ujub bisa membuat pahala ibadah menjadi tidak diterima.

BACA JUGA:Bolehkah Muslim dan Non-Muslim Menumbuhkan dan Menghias Kuku Mereka?

Dalam sebuah hadis riwayat ath-Thayaalisi dari Ibnu Umar menyampaikan bahwasanya Rasulullah SAW menjelaskan bahwa sifat ujub merupakan faktor yang dapat menghancurkan seseorang.

Rasulullah SAW bersabda:

"Adapun perkara yang membinasakan adalah sifat kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, dan rasa kagum seseorang terhadap dirinya sendiri." (HR Hasan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber