Mengungkap Kendali dari Tampilan bentuk, Cara kerja, Kelebihan Kekurangan Rem Cakram dan Rem Tromol

Mengungkap Kendali dari Tampilan bentuk, Cara kerja, Kelebihan Kekurangan Rem Cakram dan Rem Tromol

Mengungkap Kendali dari Tampilan bentuk, Cara kerja, Kelebihan Kekurangan Rem Cakram dan Rem Tromol--Foto: Instagram@cs_bsd

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Tahukah Anda bahwa ada dua sistem rem: sistem cakram dan sistem tromol? Kedua sistem operasi tersebut berbeda dalam hal tenaga yang dihasilkan mesin mobil. Selain itu, rem cakram dan rem tromol juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Rem merupakan bagian penting dari sistem keselamatan mobil saat berhenti. Ada dua jenis model rem yang dipasang pada kendaraan listrik. Keduanya adalah rem tromol dan rem cakram.

Ini adalah jenis sistem yang telah digunakan sejak lama. Rem jenis ini dapat ditemukan pada kendaraan tua. Rem ini masih ada sampai sekarang dan dipasang di roda belakang kendaraan.

Saat ini, rem cakram biasanya dipasang di roda depan, bahkan pada sepeda motor atau mobil. Ada banyak perbedaan antara kedua jenis kentang goreng ini. Mulai dari tampilannya hingga cara kerjanya. Selain itu, setiap jenis rem juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

BACA JUGA:Melampaui Pertarungan, Sensitivitas Terhadap Kesejahteraan Mental dalam Dunia Pertarungan

Apa perbedaan antara rem cakram dan rem tromol? Baca selengkapnya Oke!

1. Rem Cakram

Rem cakram disebut juga sebutan disc brake. Rem ini terdiri dari komponen utama yang terdiri dari piringan berisi piston dan cakram, serta kaliper rem. Seperti namanya, sistem pengereman ini mengandalkan rem cakram pada roda mobil. Saat Anda menekan pedal rem, Master Rem mendorong minyak rem hingga mengalir ke piston. 

Kaliper mendorong piston, sehingga tuas dapat menahan cakram. Roda mobil melambat hingga berhenti. Sistem pengoperasian rem cakram bergantung pada cakram itu sendiri, yang terhubung langsung ke roda mobil, dan sistem operasi ini secara umum menguntungkan. 

Selain itu, sistem pendingin pada rem cakram juga sangat baik pada lubang atau lubang pada cakram. Aliran udara bebas dapat dengan cepat mengurangi panas akibat gesekan angkat. Namun keberadaan lubang atau lubang tersebut bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Disk mudah terkontaminasi debu atau kotoran lainnya. Cakram akan bekerja lebih sedikit.

2. Rem tromol

Rem tromol mengandalkan gesekan antara tuas dan tromol, drum brake mengandalkan gesekan kampas dengan tromol. Komponen utamanya adalah silinder roda, kampas rem, dan bantalan rem. Drum merupakan bagian yang berbentuk mangkuk. Bagian ini berubah seiring dengan putaran roda. 


Mengungkap Kendali dari Tampilan bentuk, Cara kerja, Kelebihan Kekurangan Rem Cakram dan Rem Tromol--foto: Instagram@cs_bsd

Saat Anda menekan pedal rem, minyak rem mendorong piston dan menggerakkan kaliper. Pengangkatan memberikan tekanan pada tromol sehingga menyebabkan gesekan sehingga memperlambat roda kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: