Seberapa Penting Ground Clearance Pada Mobil? Inilah 3 Fungsinya!

Seberapa Penting Ground Clearance Pada Mobil? Inilah 3 Fungsinya!

Seberapa Penting Ground Clearance Pada Mobil? Inilah 3 Fungsinya --Foto : Freepik.com/azerbaijan_stockers

Dapat Mempengaruhi Suspensi mobil

Sistem suspensi yang terdapat pada mobil umumnya mempunyai berbagai tujuan seperti menopang beban mobil dan menjaga mobil dari road shock.

Hal ini bertujuan agar gerakan pada roda menjadi lebih baik pada saat melalui jalanan yang kondisinya tidak teratur.

Sistem suspensi ini tentunya juga dipengaruhi oleh ketinggian dari ground clearance sebuah mobil. Semakin rendah sistem suspensi tentunya akan membuat mobil menjadi berjalan dengan kurang baik.

Terdapat tiga faktor dasar yang perlu untuk dipenuhi oleh sistem suspensi. Faktor yang pertama adalah menciptakan gerakan melambung yaitu gerakan vertikal pada mobil secara utuh.

BACA JUGA: Tetap Aman dari Kecelakaan Dengan Warna Mobil Terpopuler


Sistem suspensi ini tentunya juga dipengaruhi oleh ketinggian dari ground clearance sebuah mobil--Foto : Freepik.com/azerbaijan_stockers

 

Lalu yang kedua yaitu menciptakan gerakan setengah lingkaran dengan tujuan agar kursi roda dari depan ke belakang dapat berjalan dengan baik.

Faktor yang terakhir yaitu menciptakan gerakan menggulung, ini merupakan gerakan pada sekitaran axle yang membujur dan akan dihasilkan gaya sentrifugal pada saat membelok.

Oleh karena itu, pada saat mobil berbelok akan mempunyai bantingan yang ringan. Hal tersebut tentunya dapat diperoleh jika ukuran dari ketinggian ground clearance mobil telah diperhitungkan dengan baik.

BACA JUGA:Mengintip Mobil Listrik Wuling 2024: Pilihan Terbaik dengan Harga Terjangkau

Jika tidak maka sistem suspensi pada mobil tidak akan berjalan dengan benar, pengemudi juga akan merasakan bantingan yang berat pada saat hendak berbelok.

Itulah beberapa alasan mengenai pentingnya fungsi ground clearance ini terhadap sebuah mobil sehingga tidak dapat diabaikan begitu saja oleh para pemilik mobil.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber