Bisa Diamalkan! Berikut Beberapa Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Bisa dilakukan oleh Seorang Muslim

Bisa Diamalkan! Berikut Beberapa Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Bisa dilakukan oleh Seorang Muslim

Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan --Foto : Freepik.com/sketchpedia

 
beberapa amalan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan--Foto : Freepik.com/freepik

 

Membayar Hutang Puasa:

Membayar hutang puasa Ramadhan yang telah berlalu adalah persiapan yang paling penting dan wajib dilakukan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Terutama bagi para perempuan yang biasanya tidak dapat berpuasa karena masa haid.

BACA JUGA:Tips Menurunkan Berat Badan Saat Bulan Ramadhan

Bagi mereka yang meninggalkan puasa wajib karena alasan-alasan tertentu di bulan puasa sebelumnya, harus membayar hutang puasa atau qada di luar bulan Ramadhan.

Hutang puasa dapat diganti sepanjang tahun pada bulan-bulan lain hingga bulan Syaban. Untuk itu, hendaklah melunasi hutang puasa sebelum berakhirnya bulan Syaban.

 

Memperbanyak Puasa Sunnah pada Bulan Syaban:

umat Islam seharusnya mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban. Salah satu riwayat diceritakan Sayyidah Aisyah radliyallahu ‘anha, bahwa Nabi Muhammad saw mengisi bulan Sya'ban dengan memperbanyak berpuasa:

 “Tidaklah aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali Ramadhan dan aku tidak melihat beliau berpuasa sebanyak pada bulan Sya’ban” (H.R. al-Bukhari dan Muslim).

 BACA JUGA:Tetap Produktif Saat Berpuasa? Berikut Ini Referensi Kegiatan Produktif Saat Bulan Suci Ramadhan

 

Banyak Berdoa:

Selain memperbanyak ibadah-ibadah sunnah dalam menyambut  di bulan Ramadhan nanti, hal yang juga patut diamalkan adalah terus berdoa kepada Allah SWT supaya dipertemukan dengan bulan yang penuh dengan kemuliaan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber