Apakah Anda mengisi bensin di mesin diesel? Inilah hasilnya!

 Apakah Anda mengisi bensin di mesin diesel? Inilah hasilnya!

Apakah Anda mengisi bensin di mesin diesel? Inilah hasilnya!-prostooleh-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Dampak pengaruh mesin pengisian diesel diisi dengan bensin setiap kendaraan dirancang berbeda dari yang lain. Tak hanya tampilan eksteriornya yang berbeda, mesin yang digunakan juga berbeda. Jadi harga bahan bakarnya juga berbeda.

Pada dasarnya mesin ada dua jenis, yaitu mesin diesel dan mesin bensin. Harga minyak juga berbeda. Mesin diesel menggunakan solar dan mesin bensin menggunakan solar. Menggunakan bahan bakar selain mesin Anda dapat menyebabkan efek buruk.

Akibat negatif pengisian mesin diesel dengan bensin adalah sebagai berikut:

1. Merusak Pompa Bahan Bakar  (Fuel Pump)

Merusak pompa bahan bakar, mesin diesel kendaraan Anda harus dilumasi selama penghentian bahan bakar. Perlu diketahui bahwa pelumas yang dibutuhkan untuk pemadaman kebakaran hanya terdapat pada bahan bakar minyak bumi seperti Pertamina Dex.

Hal ini biasanya terjadi karena tekanan tinggi pompa bahan bakar terlalu rendah. Jadi, tanpa pelumasan, bagian-bagian baja saling bersentuhan. Dampak pengisian mobil diesel dengan bensin bukan hanya pada pompa bahan bakarnya saja melainkan seluruh mesinnya.

BACA JUGA:Melampaui Pandangan: Dashcam Sebagai Saksi Bisu Kecelakaan dan Penjaga Keselamatan di Perjalanan

2. Merusak Sistem Injeksi Kendaraan dan Mesin

Sistem injeksi kendaraan dan kerusakan mesin Mesin diesel, saat pertama kali membeli kendaraan, Anda akan diberitahu bahwa penggunaan bensin dilarang. Penting untuk dipahami bahwa hal ini bukan tanpa alasan. Mesin diesel dan bensin dilarang karena mempunyai sistem pembakaran yang berbeda. Mesin bensin menggunakan tekanan boost, mesin diesel menggunakan busi.

Mengisi bahan bakar mobil anda dapat mempengaruhi sistem injeksi dan mesin mobil anda. Dampaknya bisa fatal dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal.

3. Perjalanan Jadi Tidak Nyaman

Mesin diesel mempunyai tekanan yang berbeda-beda, sehingga jika diisi dengan bensin akan menjadi tidak stabil. Beberapa hal yang mungkin Anda alami adalah dentuman, bunyi klik, suara motor, dan suara angin.

4. Penanganan Jika Sudah Terlanjur Mengisi Bensin untuk Mobil Diesel

Penanganan saat memuatbensin ke dalam kendaraan diesel. Jika mobil diesel Anda sudah terlanjur diisi bensin, Anda perlu segera memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut dan proses perbaikannya sangat sulit. Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Segera bawa kendaraan Anda ke bengkel dan tiriskan seluruh bahan bakar dari tangki dan pompa injeksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber