Apakah Anda mengisi bensin di mesin diesel? Inilah hasilnya!

 Apakah Anda mengisi bensin di mesin diesel? Inilah hasilnya!

Apakah Anda mengisi bensin di mesin diesel? Inilah hasilnya!-prostooleh-freepik


Apakah Anda mengisi bensin di mesin diesel? Inilah hasilnya!-wirestock-freepik

Anda perlu mengganti filter diesel dengan yang baru sebelum Anda dapat memulai dengan aman.Itu saja akibat buruk mengisi bahan bakar mobil diesel yang perlu Anda ketahui. Ini adalah praktik buruk yang harus dihindari dengan banyak cara. Jika kendaraan diesel Anda kekurangan bahan bakar, jangan mengisinya dengan bensin. Sebaiknya hubungi jasa derek untuk mengantarkan mobil ke SPBU terdekat.

Saat kendaraan anda sampai di SPBU, segera isi dengan bahan bakar solar yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan anda. Contoh solar terbaik di Indonesia adalah Pertamina Dex dari PT Pertamina (Persero). 

Pasalnya, bahan bakar solar ini dirancang memiliki kandungan sulfur paling rendah (300 ppm) dan angka setana 53 tertinggi di Indonesia dibandingkan bahan bakar solar lainnya.Selain itu, Pertamina Dex juga sangat baik untuk umur panjang mesin anda, terutama karena bahan aditif yang dikandungnya. 

Bahan kimia ini membantu melindungi mesin Anda dan menjaganya tetap bersih.Tapi berapa harga pertamina dex? All New Pertamina Dex bisa Anda beli di SPBU Pertamina terdekat dengan harga mulai dari Rp 11.150 hingga Rp 11.550. Untuk mengetahui lokasi SPBU terdekat, Anda dapat mengakses aplikasi MyPertamina. Selain itu, Anda juga bisa mengecek update berbagai promo Pertamina melalui aplikasi ini. Saya harap informasi ini membantu!.

BACA JUGA:H-1 Jelang PSL, TPS 035 Kelurahan Sungai Lais Palembang Mulai Pasang Tenda dan Lakukan Persiapan

5. Dampak parahnya Mengisi Bensin untuk Mobil Diesel dan sebaliknya

Meski jarang terjadi, kendaraan bermesin diesel bisa saja diisi bensin. Apalagi jika SPBU yang Anda kunjungi tidak punya pilihan lain. Lalu apa dampaknya jika hal ini terjadi?Kendaraan mengalami masalah serius. 

Kenapa bisa rusak? Hal ini dikarenakan sistem pembakaran mesin diesel tidak sama dengan mesin mobil berbahan bakar bensin. Sistem internal mesin dan bensin tidak sama. Mesin diesel menggunakan pengapian kompresi, sedangkan mesin bensin menggunakan busi. Hanya di sini perbedaannya terlihat jelas.

Selain itu, mesin berbahan bakar gas juga mudah terbakar, sehingga terjadi kecelakaan saat gas dimasukkan ke dalam mesin diesel. Karena tekanannya tidak sama, bensin meledak sebelum kompresi dirangsang. Karena ketukan ini sangat terdengar.

Akibat pertama yang terjadi adalah menghidupkan mesin menjadi sulit. Sekalipun Anda dapat menghidupkan mesin, bahan bakar diesel yang tersisa di dalam mesin akan habis dan tidak dapat hidup dan mesin bisa macet.

Penting juga untuk diketahui bahwa solar tidak hanya digunakan untuk pemanasan, tetapi juga untuk pelumasan. Sehingga jika hal ini terjadi, besar kemungkinan dapat merusak injektor dan akhirnya menjalar ke mesin mobil.


Apakah Anda mengisi bensin di mesin diesel? Inilah hasilnya!--Foto:instagram @mesin_diesel_bekas_dan_sperpat

Jika memperhatikan informasi di atas, jangan sekali-kali mengisi kendaraan bermesin diesel dengan bahan bakar. Isilah tangki bahan bakar Anda sebelum perjalanan, dan jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu atau mencari tahu apakah ada pompa bensin di pinggir jalan.

Demikian itulah dampak terjadinya jika kita Mengisi Bensin untuk Mobil Diesel dan sebaliknya, jangan diterapkan dan dilakukan ya(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber