Melampaui Pandangan: Dashcam Sebagai Saksi Bisu Kecelakaan dan Penjaga Keselamatan di Perjalanan

Melampaui Pandangan: Dashcam Sebagai Saksi Bisu Kecelakaan dan Penjaga Keselamatan di Perjalanan

Melampaui Pandangan: Dashcam Sebagai Saksi Bisu Kecelakaan dan Penjaga Keselamatan di Perjalanan-- carmudi.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Dashcam, singkatan dari dashboard camera, merupakan perangkat canggih yang semakin mendapatkan popularitas dalam penggunaannya sebagai alat pembuktian dalam kecelakaan lalu lintas.

Perangkat ini biasanya dipasang di dashboard mobil dan berfungsi sebagai kamera pengawas selama perjalanan. Bagaimana sebenarnya cara kerja dashcam ini dan mengapa keberadaannya begitu penting?

Cara kerja dashcam sebenarnya cukup sederhana namun efektif. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera yang merekam kejadian secara terus menerus selama mobil sedang dalam perjalanan.

Dashcam dapat diprogram untuk merekam dalam berbagai resolusi, mulai dari definisi standar hingga resolusi tinggi.

BACA JUGA:H-1 Jelang PSL, TPS 035 Kelurahan Sungai Lais Palembang Mulai Pasang Tenda dan Lakukan Persiapan

Beberapa model bahkan dilengkapi dengan fitur canggih seperti deteksi gerakan, sensor guncangan, dan lensa sudut lebar untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang lingkungan sekitar mobil.

Keberadaan dashcam sangat penting, terutama ketika menghadapi situasi kecelakaan. Rekaman video yang dihasilkan oleh dashcam dapat menjadi bukti yang kuat dalam menentukan tanggung jawab dan keadaan sebenarnya saat kecelakaan terjadi.

Bukan hanya itu, dashcam juga dapat merekam suara di sekitar mobil, memberikan informasi lebih lanjut tentang kejadian yang terjadi.

Tidak hanya sebagai alat bukti dalam kecelakaan, dashcam juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Beberapa pemilik mobil menggunakan dashcam untuk merekam perjalanan mereka sebagai kenang-kenangan atau sebagai alat dokumentasi untuk keperluan pribadi.

BACA JUGA:7 Alasan menarik dibalik mahalnya harga mobil klasik dan Retro

Selain itu, beberapa perusahaan pengiriman dan logistik juga memasang dashcam pada armada mereka untuk memantau aktivitas pengemudi dan memastikan keamanan serta kepatuhan terhadap aturan lalu lintas.

Pemasangan dashcam pada mobil semakin populer karena berbagai manfaat yang ditawarkannya. Selain sebagai bukti dalam kecelakaan, dashcam juga dapat membantu mengurangi potensi penipuan asuransi.


Melampaui Pandangan: Dashcam Sebagai Saksi Bisu Kecelakaan dan Penjaga Keselamatan di Perjalanan--review.bukalapak.com

Beberapa orang yang terlibat dalam kecelakaan mungkin mencoba untuk mengklaim ganti rugi yang tidak pantas, tetapi dengan adanya rekaman video dari dashcam, kebenaran dapat lebih mudah diungkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber