Bukan Sekedar Pemanis, Ternyata Inilah 5 Fungsi Dari Komponen Knalpot Pada Kendaraan Bermotor!

Bukan Sekedar Pemanis, Ternyata Inilah 5 Fungsi Dari Komponen Knalpot Pada Kendaraan Bermotor!

Bukan Sekedar Pemanis, Ternyata Inilah 5 Fungsi Dari Komponen Knalpot Pada Kendaraan Bermotor!--Foto : Freepik.com/@pressfoto

Meningkatkan Tenaga Dari Suatu Kendaraan

Komponen knalpot ini mempunyai potensi untuk dapat meningkatkan tenaga yang terdapat pada suatu kendaraan.

Namun, cara ini dapat berfungsi dengan baik jika knalpot yang digunakan tersebut didesain dengan tepat dan dilakukan penambahan bahan yang sesuai.

Selain itu, knalpot juga perlu disesuaikan dengan mesin kendaraan. Hal tersebut paling sering terjadi dan diterapkan pada kendaraan sepeda motor 2 tak yang mempunyai fungsi gaya balik pada gas buang karena adanya chamber, teknologi motor 2 tak juga tidak mempunyai katup ex.

Chamber sendiri mempunyai fungsi untuk dapat memutar gas masuk dan gas buang pada saat proses pembakaran sedang berlangsung.

Jika knalpot yang dipasang tersebut mampu untuk menyesuaikan dengan mesin kendaraan, maka tenaga tersembunyi dalam motor 2 tak tersebut tentunya dapat ditingkatkan.

BACA JUGA:Para Pecinta Matic Harus Tahu! Ini Dia 6 Knalpot Racing Motor Matic Paling Keren

 

Dapat Mengurangi Berat Kendaraan 

Knalpot mempunyai kemampuan dan fungsi dalam mengurangi berat dari bobot suatu kendaraan. Terdapat beberapa jenis knalpot yang menjadi standar dari pabrikan dengan menggunakan material dan dimensi yang beragam.

Penggunaan komponen knalpot yang ringan tentunya dapat membuat kendaraan menjadi mampu untuk berakselerasi dengan menggunakan handling yang lebih bagus.

Sebagian besar jenis knalpot ini umumnya akan digunakan pada kendaraan yang mempunyai performa tinggi.

BACA JUGA:Ditlantas Polda Sumsel Deklarasi Zero Knalpot Brong Wujudkan Sitkamtibmas Pemilu Damai 2024


Knalpot mempunyai kemampuan dan fungsi dalam mengurangi berat dari bobot suatu kendaraan--Foto : Freepik.com/@fabrikasimf

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber