Belajar dari Rasulullah saat Hadapi Kenaikan Harga

Belajar dari Rasulullah saat Hadapi Kenaikan Harga

Menyikapi kenaikan harga--Gambar : freepik.com/stories

"Orang-orang berkata, 'Wahai Rasulullah, harga-harga sudah melambung tinggi, maka tetapkanlah harga-harga untuk kami.' Rasulullah saw bersabda,'Sesungguhnya, Allah Yang Maha Tinggi adalah yang menetapkan harga, yang memampangkan rezeki. Sesungguhnya,aku berharap akan bertemu dengan Allah,dan tidak ada di antara kalian yang menuntutku atas darah atau harta yang kurang adil.'"

BACA JUGA:3 Tugas Penting Seorang Suami Menurut Ajaran Islam

Poin penting yang dapat digarisbawahi pada riwayat-riwayat tersebut adalah pentingnya keadilan dalam muamalah ekonomi dan penekanan pada keadilan dalam transaksi bisnis yang dilakukan Rasulullah saw tanpa mengekang kebebasan pasar.

Beliau memperbolehkan perorangan untuk menentukan harga barang jualannya dengan kebebasan yang lebih besar, dengan catatan kebebasan tersebut tidak bertentangan dengan prinsip keadilan Islam.

Meskipun kondisi ekonomi saat itu berbeda dengan zaman modern, pelajaran dari pendekatan Nabi saw dalam mengelola kenaikan harga dapat diambil sebagai nilai inspiratif dalam merancang kebijakan ekonomi yang adil dan berkeadilan. Dengan adanya sikap Nabi saw sebagaimana di atas, para fuqaha mengarahkan topik ini pada diskusi soal penetapan harga (tas’ir)*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: islam.nu.or.id