Pengereman Pada Sepeda Motor Berjalan Baik, Berkat 8 Komponen Pada Rem Tromol!

Pengereman Pada Sepeda Motor Berjalan Baik, Berkat 8 Komponen Pada Rem Tromol!

Pengereman Pada Sepeda Motor Berjalan Baik, Berkat 8 Komponen Pada Rem Tromol!--Foto: instagram-rendi_bubut_madiun

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Rem tromol adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai sistem pengereman dengan mengandalkan gaya gesek antara kampas Rem dan bagian Rem tromol dalam memperlambat kelajuan roda.

Pada umumnya rem tromol banyak digunakan pada sepeda motor karena bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan rem cakram.

Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan yang penting, terutama untuk sepeda motor yang mempunyai kapasitas mesin kecil.

Terdapat beberapa komponen pada rem tromol yang tentunya akan membantu sistem pengereman tersebut agar dapat bekerja dengan baik.

Lalu, apa saja komponen tersebut? Berikut ini beberapa komponen yang terdapat pada rem tromol dari sebuah sepeda motor agar dapat bekerja dan menghasilkan pengereman yang baik.

BACA JUGA:5 Jenis Flasher Pada Sepeda Motor, Komponen yang Membuat Lampu Sein Berkedip Saat Dinyalakan!

Brake Drum

Brake drum merupakan komponen rem tromol yang mempunyai tekstur keras karena terbuat dari bahan baja tuang.

Komponen brake drum ini mempunyai bentuk seperti drum atau tabung. Komponen rem tromol tersebut mempunyai fungsi sebagai media gesekan kampas rem pada saat pengereman sedang berlangsung.

Hal tersebut akan membuat kelajuan sepeda motor menjadi berkurang dan secara perlahan akan membuat sepeda motor tersebut berhenti.

Komponen yang satu ini terletak pada bagian tengah roda sepeda motor, brake drum ini juga umumnya terbuat dari bahan material yang padat dan tahan panas.

Hal itulah yang membuat saat tromol dan kampas rem mengalami gesekan maka kelajuan roda akan berkurang hingga akhirnya berhenti secara perlahan.

Brake Lining

Brake lining merupakan komponen rem tromol yang mempunyai fungsi sebagai media bergeseknya tromol rem saat terjadi pengereman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber