Pengereman Pada Sepeda Motor Berjalan Baik, Berkat 8 Komponen Pada Rem Tromol!

Pengereman Pada Sepeda Motor Berjalan Baik, Berkat 8 Komponen Pada Rem Tromol!

Pengereman Pada Sepeda Motor Berjalan Baik, Berkat 8 Komponen Pada Rem Tromol!--Foto: instagram-rendi_bubut_madiun

Hal tersebutlah yang akan membuat roda sepeda motor menjadi berputar kembali. Pada sistem pengereman ini, return spring terdapat dua macam yaitu upper spring dan lower spring.

Upper spring mempunyai fungsi untuk dapat mengembalikan sepatu rem pada posisi asalnya, pegas tersebut terletak pada bagian bawah roda silinder.

Sementara lower spring mempunyai tugas untuk dapat menekan sepatu agar mampu menekan adjusternya.

Tuas Penghubung

Tuas penghubung merupakan komponen rem tromol yang berada di luar sistem. Komponen ini mempunyai bentuk seperti batangan besi yang terhubung antara tuas penggerak dengan pedal rem.

Tuas penghubung ini umumnya terdapat pada sistem pengereman yang menggunakan pedal injak. Hal ini tentu berbeda dengan motor matic dimana tuas remnya terletak pada bagian setir.

BACA JUGA:4 Komponen Armature Pada Motor Starter, Komponen yang Memudahkan Pengendara Dalam Menyalakan Sepeda Motor!

Tuas rem dan batang penggerak ini umumnya akan dihubungkan dengan menggunakan kawat kabel. Pada bagian ujung tuas penggerak ini dilengkapi dengan adjusting screw yang mempunyai fungsi untuk menyesuaikan ketinggian rem.

Anchor Pin

Anchor pin merupakan komponen rem tromol yang mempunyai fungsi sebagai center sepatu rem. Letak dari komponen anchor pin ini berada pada bagian pangkal brake shoe, anchor pin akan berusaha untuk menjaga sepatu rem agar gerakan buka tutupnya mampu berjalan secara lancar.

Itulah beberapa komponen yang terdapat pada rem tromol dari sebuah sepeda motor agar dapat bekerja dan menghasilkan pengereman yang baik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber