5 Jenis Flasher Pada Sepeda Motor, Komponen yang Membuat Lampu Sein Berkedip Saat Dinyalakan!

5 Jenis Flasher Pada Sepeda Motor, Komponen yang Membuat Lampu Sein Berkedip Saat Dinyalakan!

5 Jenis Flasher Pada Sepeda Motor, Komponen yang Membuat Lampu Sein Berkedip Saat Dinyalakan!--Foto: instagram-pcxnation.id

Flasher LED

Flasher LED merupakan jenis flasher yang biasanya digunakan khusus untuk sepeda motor yang telah dilakukan modifikasi. Pada umumnya pengendara akan melakukan beberapa penggantian komponen sepeda motor termasuk komponen lampu sein.

Jika pengendara melakukan modifikasi pada sepeda motor, maka jenis flasher yang satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Jikan pengendara mengganti lampu sein dengan yang LED, maka secara otomatis flashernya juga akan berganti menjadi model LED.

Hal itu bertujuan agar fungsi dari flasher dapat bekerja dengan baik dan membuat lampu dapat menyala dengan lebih terang. Kelebihan yang bisa didapatkan jika membeli jenis flasher LED ini yaitu ukurannya yang terbilang jauh lebih ringan.

Jenis flasher LED ini juga telah dilengkapi dengan komponen yang bernama potensio mini, komponen ini mempunyai fungsi untuk dapat mengatur waktu kedipan.

Flasher Tipe Transistor

Flasher tipe transistor ini mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk menyalakan lampu sein pada sepeda motor disertai dengan kedipan.


5 Jenis Flasher Pada Sepeda Motor, Komponen yang Membuat Lampu Sein Berkedip Saat Dinyalakan!-freepik-freepik

Jenis flasher ini menggunakan sistem tanda belok dan pengontrolan yang dilakukan secara mekanik atau otomatis.

Cara kerja dari flasher tipe transistor ini yaitu pada saat pengendara telah melakukan pemasangan komponen flasher yang satu ini, maka komponen yang terdapat pada multivibrator oscillator akan menghasilkan sinyal yang berupa denyutan dan akan menimbulkan tanda ON atau OFF.

Setelah itu sinyal tersebut akan langsung diarahkan menuju flasher dengan menggunakan amplifier dan membuat lampu sein pada sepeda motor akan menyala dengan sendirinya.

Flasher Tipe Kapasitor

Flasher tipe kapasitor merupakan kapasitor yang telah dilengkapi dengan full elektronik. Cara kerja dari jenis flasher ini yaitu dengan melakukan kontak langsung pada sepeda motor yang sebelumnya memang telah terhubung dengan saklar yang terdapat pada lampu sein.

Setelah itu, pengendara perlu untuk mengaktifkannya karena komponen flasher ini masih berada dalam kondisi OFF.

Flasher Tipe Bimetal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber