4 Komponen Armature Pada Motor Starter, Komponen yang Memudahkan Pengendara Dalam Menyalakan Sepeda Motor!

4 Komponen Armature Pada Motor Starter, Komponen yang Memudahkan Pengendara Dalam Menyalakan Sepeda Motor!

4 Komponen Armature Pada Motor Starter, Komponen yang Memudahkan Pengendara Dalam Menyalakan Sepeda Motor!--Foto: instagram-bm_enterprise_powertools

PALEMBANG, PALTV,CO.ID- Armature merupakan salah satu komponen yang terdapat pada motor starter dan mempunyai fungsi untuk dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Armature terdiri atas beberapa susunan komponen yang tersusun menjadi satu unit, armature mempunyai fungsi yang sangat penting di dalam sistem kerja motor starter.

Tanpa adanya komponen armature, maka motor starter tidak mampu berfungsi dengan baik dan tidak mampu menghasilkan gerak putar.

Komponen armature inilah yang akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak, sehingga komponen ini mampu menggerakkan komponen lainnya yang terdapat di dalam motor starter.

Motor starter yang tidak mempunyai komponen armature tentunya akan membuat sepeda motor menjadi tidak dapat dinyalakan.

Selain itu, jika daya putarnya melemah tentunya akan membuat proses pada saat menyalakan sepeda motor akan menjadi sangat sulit.

Jika hal ini terjadi maka pengendara perlu menggunakan kick starter untuk dapat menyalakan sepeda motor.

Lalu, apa saja komponen yang terdapat di dalam armature ini? Berikut ini beberapa komponen yang terdapat di dalam armature beserta fungsinya sehingga dapat memudahkan pengendara untuk menyalakan sepeda motor.

BACA JUGA: Memperingati Kehidupan dan Warisan Robin Windsor, Jejak Kecantikan dan Bakat dalam Dunia Tari

Poros Armature 

Poros armature atau shaft armature merupakan komponen yang mempunyai poros dan berfungsi sebagai tempat untuk memasang seluruh komponen armature yang lainnya.

Komponen inilah yang akan menyalurkan tenaga putar yang telah dihasilkan oleh lilitan kumparan armature.

Bagian poros inilah yang juga akan berputar pada saat lilitan telah mempunyai daya putar. Agar bagian poros ini tidak menjadi rusak dan mampu berputar dengan kekuatan yang penuh, maka bagian ujungnya akan ditahan oleh bearing.

Dengan hadirnya penahan ini tentunya akan membuat komponen armature secara keseluruhan menjadi dapat berputar dengan stabil diantara field coil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber