Ancaman Cyber Terhadap Keamanan Data? Inilah 8 Ancaman Cyber Security Dalam Bentuk Serangan Digital!

Ancaman Cyber Terhadap Keamanan Data? Inilah 8 Ancaman Cyber Security Dalam Bentuk Serangan Digital!

Ancaman Cyber Terhadap Keamanan Data? Inilah 8 Ancaman Cyber Security Dalam Bentuk Serangan Digital--Foto : Freepik.com/@rawpixel.com

Spyware

Spyware merupakan suatu program yang secara diam-diam dapat merekam apa yang dilakukan oleh pengguna, sehingga para penjahat cyber dapat menggunakan informasi ini.

Pada umumnya program spyware ini akan digunakan untuk dapat mengetahui informasi detail pada sebuah kartu kredit.

 

Ransomware

Ransomware merupakan sejenis malware yang mempunyai perbedaan dimana ransomware akan menginfeksi jaringan atau melakukan pencurian data rahasia sehingga dapat meminta tebusan berupa sejumlah uang yang besar sebagai imbalan untuk mengakses ke sistem target.

BACA JUGA:Hati-hati dengan Media Sosial, Jangan Sampai Anda Terjebak Modus Kejahatan Cybercrime Phishing

 

Phising

Serangan Phishing dapat diartikan sebagai fishing atau memancing dimana peretas akan membuat umpan di dunia maya dengan harapan agar target mengambilnya dan saat target melakukannya, maka para penjahat cyber ini akan mencuri informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan berbagai informasi lainnya.

Serangan phishing ini umumnya akan datang dalam bentuk email yang terlihat sah dan mendorong target untuk membalas email tersebut.

 

Rekayasa Sosial

Rekayasa Sosial atau Social Engineering melibatkan interaksi manusia yang berbahaya, dimana peretas akan langsung berbohong dan memanipulasi orang lain sebagai target untuk membocorkan informasi pribadi.

Pada umumnya peretas akan memperoleh informasi dari profil dan postingan media sosial dari target yang diincar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber