Baturaja Diguyur Hujan Seharian, Sejumlah Titik Lokasi Tergenang Banjir

Baturaja Diguyur Hujan Seharian, Sejumlah Titik Lokasi Tergenang Banjir

Hujan mengguyur Kabupaten OKU sejak Jum’at pagi mengakibatkan sejumlah titik lokasi tergenang banjir. Seperti di depan SPBU Batukuning Kecamatan Baturaja Barat, Jum’at (16/2/2024).--instagram.com/@satlantas.polresoku

OKU, PALTV.CO.ID - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kota Baturaja sejak Jum’at, 16 Februari 2024 pagi hingga sore, mengakibatkan sejumlah kawasan terendam banjir.

Akibatnya, ratusan Kepala Keluarga (KK) terisolir banjir dengan kedalaman dari 30 centimeter hingga 2 meter.

Kawasan yang terendam banjir tersebut diantaranya Jalan Gotong Royong Lorong Belimbing RT 21 dan RT 22 RW 05 Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU. Banjir tersebut merendam jalan dan rumah warga yang mengakibatkan 95 KK terisolir.

"Kita sudah melakukan pemantauan ke sejumlah tempat yang terdapat genangan air yang disebabkan hujan sejak pagi. Hasil pantauan kita ada beberapa titik lokasi yang terendam banjir," ujar Kabag Ops Polres OKU Kompol Liswan Nurhafiz melalui Kapolsek Baturaja Timur AKP Hariyanto pada Jumat petang, 16 Februari 2024.

BACA JUGA:Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Studi Tiru Pemerintah Kota Prabumulih


Banjir merendam pemukiman penduduk di perumahan Bungur Raya Residen Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur, Jum’at (16/2/2024).--instagram.com/@baturajaupdate

Selain Jalan Gotong Royong, banjir juga merendam pemukiman penduduk yang berada di perumahan Bungur Raya Residen Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur. Banjir dengan ketinggian 50 centimeter merendam 53 rumah Kepala Keluarga.

Dikatakan AKP Hariyanto, dari hasil pantauan pihaknya banjir di perumahan Bungur Raya Residen ini disebabkan sistem drainase yang buruk.

Di mana drainase yang sempit tak mampu menampung debit air hujan terutama pada hujan dengan intensitas tinggi.

"Kalau di Jalan Gotong Royong sebagian warga tak bisa keluar karena akses jalan satu-satunya terendam banjir. Kalau di perumahan Bungur Raya rumah warga sudah terendam," jelasnya.

BACA JUGA:2 Remaja Kembar Tenggelam 1 Korban Ditemukan Tak Bernyawa, Basarnas Palembang Masih Sisir Sungai Komering


Banjir juga menggenangi Jalan Lintas Sumatera di Kecamatan Baturaja Barat, Jum’at (16/2/2024).--instagram.com/@satlantas.polresoku

Pihaknya juga mengingatkan warga untuk siaga jika air terus meningkat. Menurut AKP Hariyanto, masyarakat bisa menghubungi Polsek Baturaja Timur untuk meminta bantuan jika banjir kian parah.

"Bhabinkamtibmas kita sudah kita perintahkan untuk memantau seluruh wilayah binaannya, terutama yang terjadi banjir. Kita terus berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan BPBD untuk menanggulangi kemungkinan banjir yang lebih luas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv