Mengatasi Motor Overheat Dengan Sistem Pendingin? Inilah 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!

Mengatasi Motor Overheat Dengan Sistem Pendingin? Inilah 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!

Mengatasi Motor Overheat Dengan Sistem Pendingin? Inilah 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!-aleksandarlittlewolf-freepik


Mengatasi Motor Overheat Dengan Sistem Pendingin? Inilah 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!-freepik-freepik

Hal ini dikarenakan komponen pendinginnya akan mengandalkan kipas yang tetap berputar meskipun berada pada jalanan yang macet.

Kipas akan menciptakan aliran udara dari luar ke dalam mesin motor dan proses pendinginan menjadi bekerja. Pemasangan kipas berada pada poros engkol mesin dan terletak di bagian bawah jok yang tertutup dengan cover.

Hal ini membuat pendinginan menjadi lebih efektif karena udara yang bertekanan akan dialirkan ke arah silinder serta kepala silinder, sistem pendingin ini banyak digunakan pada jenis motor matic.

Sistem Pendingin Dengan Oli

Sistem pendingin dengan oli akan membuat oli bersirkulasi melalui komponen oil cooler yang bentuknya mirip dengan radiator namun ukurannya lebih kecil.

Saluran oil cooler ini mengelilingi mesin motor, pada saat itulah oil cooler akan menyerap panas dari mesin motor.

Saluran ini mempunyai sirip-sirip yang akan bekerja untuk dapat mendinginkan oli pada saat terkena terpaan udara dari depan saat sepeda motor berjalan.

BACA JUGA:Suara Mesin Motor Kasar? Inilah 7 Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Menghaluskan Suara Mesin Pada Motor Matic!

Kinerja dari sistem pendingin ini membuat suhu mesin motor menjadi tetap terjaga dan membuat mesin motor tetap dapat terlumasi dengan baik.

Oleh karena itu, jika sepeda motor menggunakan sistem pendingin ini maka jangan pernah terlambat untuk melakukan penggantian oli motor.

Oli dengan kualitas yang sudah tidak baik tentunya tidak akan mampu untuk menyerap panas dengan baik dari mesin motor. Efektifitasnya yang menurun membuat pengendara perlu bersiap dengan efek overheat yang dapat muncul kapan saja.

Sistem Pendingin Dengan Air

Sistem pendingin pada sepeda motor ini akan memanfaatkan air dan lebih sering digunakan pada sepeda motor yang mempunyai kapasitas mesin 150 cc ke atas.

Hal ini dikarenakan proses pendinginan akan semakin akurat dan juga cepat, mengingat sepeda motor dengan kapasitas mesin yang besar akan lebih mudah panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber