Ban Motor Bermasalah? Inilah 7 Penyebab Ban Belakang Pada Motor Matic yang Goyang Saat Digunakan Berkendara!

Ban Motor Bermasalah? Inilah 7 Penyebab Ban Belakang Pada Motor Matic yang Goyang Saat Digunakan Berkendara!

Ban Motor Bermasalah? Inilah 7 Penyebab Ban Belakang Pada Motor Matic yang Goyang Saat Digunakan Berkendara--Foto : Freepik.com/@kroshka__nastya

Laher Komstir yang Aus

Bagian komstir juga dapat mempengaruhi jalannya roda pada sepeda motor. Laher komstir yang aus dapat menyebabkan motor matic menjadi tidak stabil karena kondisi setang yang sulit untuk dikendalikan.

Bearing yang aus tersebut juga dapat terjadi dikarenakan oleh pemasangan yang terlalu kencang pada komstir, sehingga akan menjadi mudah kering.

 

Komponen Velg yang Bengkok

BACA JUGA:7 Cara Praktis Mengatasi Ban Motor Bocor Halus Saat di Jalan

Kondisi velg yang bengkok tentunya akan mempengaruhi ban belakang motor matic menjadi goyang. Kondisi ini dapat terjadi akibat motor matic yang habis menghajar lubang jalanan atau menabrak sesuatu.

Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk berkendara dengan hati-hati saat menemui lubang di jalanan dan juga pengendara perlu menarik grip gas dengan kecepatan yang sewajarnya.

Perputaran roda yang tidak stabil tentunya akan sangat mengganggu dan membahayakan pengendara saat berada di jalanan.

Jika kerusakan pada velg tidak begitu parah, maka dapat melakukan press pada bagian yang bengkok. Namun jika kerusakannya sudah parah maka pengendara sebaiknya segera mengganti dengan menggunakan velg baru.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Merek Ban Motor Tubeless yang Cocok untuk Honda CB150 Verza


Kondisi velg yang bengkok tentunya akan mempengaruhi ban belakang motor matic menjadi goyang--Foto : Freepik.com/freepik

 

Jari-Jari Roda yang Kendor

Penyebab ban belakang motor matic yang goyang juga dapat berasal dari jari-jari roda mengendor. Jari-jari roda tersebut mempunyai fungsi untuk menghubungkan velg pada tromol untuk dapat menstabilkan posisi sepeda motor saat sedang berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id