Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!

Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!

Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!-freepik-freepik

Lepaskan Charger Setelah Digunakan

Membiarkan charger laptop yang selalu terhubung dengan power socket tentunya sangat tidak baik karena dapat menyebabkan charger menjadi cepat panas dan lebih cepat mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pengguna untuk mencabut charger dari power socket setelah selesai digunakan.

Jangan Melepas Charger Laptop Sembarangan

Mencabut charger laptop dengan terburu-buru perlu dihindari karena dapat merusak kabel charger, karena pada saat menarik kabel bisa saja serat tembaga yang terdapat di dalamnya menjadi ikut terlepas atau terputus.

Oleh karena itu, pengguna juga perlu berhati-hati pada saat mencabut kabel charger. Selalu usahakan untuk memegang kepala charger pada saat melepas dari power socket agar serat kabel tidak terputus.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel: 1 Narapidana Konghucu di Sumsel Terima Remisi Khusus Imlek 2575

Menggulung Kabel Charger Dengan Benar

Pengguna perlu menggulung kabel charger dengan pola bundar atau lingkaran besar, lalu ikat salah satu bagiannya menggunakan tali namun tidak kencang, usahakan untuk melipat atau menggulung kabel dengan rapi seperti kondisi pada saat pertama kali membelinya.

Dengan menghindari gulungan agar tidak terlalu rapat dan tidak terlalu menekuk, maka dapat mencegah kabel-kabel halus yang terdapat di dalam kabel charger menjadi putus.

Hal ini dikarenakan jika kabel-kabel tersebut sudah putus maka akan mengakibatkan charger menjadi mati total dan tidak bisa lagi untuk digunakan.

Jangan Melakukan Pengisian Daya Secara Berlebihan atau Overcharging

Melakukan pengisian daya berlebih atau overcharging merupakan hal yang sering dilupakan oleh banyak pengguna laptop.

Padahal membiarkan charger laptop tersambung ke laptop secara terus menerus tentunya akan mengakibatkan berkurangnya usia pakai baterai laptop dan menyebabkan charger menjadi lebih cepat panas.


Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!-freepik-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber