Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!

Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!

Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Charger merupakan aksesoris yang sangat penting karena mempunyai fungsi untuk mengisi daya baterai laptop.

Tanpa adanya charger, laptop tidak akan mampu melakukan pengisian daya dan dapat mengakibatkan charger menjadi tidak dapat berfungsi.

Charger laptop terkadang dapat menjadi cepat rusak akibat dari kebiasaan yang dilakukan oleh para pengguna pada saat menggunakan laptop ini.

Kebiasaan tersebut lama kelamaan tentunya dapat merusak charger bahkan juga dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop.Jika hal ini telah terjadi, pengguna tentu perlu untuk mengeluarkan biaya untuk membeli charger laptop yang baru.

Agar hal tersebut tidak terjadi, charger perlu dirawat agar tidak menjadi cepat rusak. Cara merawat charger laptop juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

BACA JUGA:JUDUL Karat Pada Knalpot Sebuah Sepeda Motor? Inilah 7 Tips Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor!

Berikut ini beberapa tips dalam melakukan perawatan terhadap charger laptop agar lebih awet dan mempunyai usia pakai yang lebih lama. Jangan Menggunakan Charger Laptop Sembarangan

Setiap laptop tentunya mempunyai model, spesifikasi, dan merek yang berbeda, begitu juga dengan charger pada laptop tersebut. Terlebih lagi pada beberapa laptop membutuhkan daya yang lebih besar seperti pada laptop gaming yang umumnya dibekali dengan charger khusus.

Jika melakukan pengisian daya dengan menggunakan charger dengan daya tegangan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi tentunya akan mengkhawatirkan karena dapat merusak baterai laptop.

Bahkan kemungkinan terburuknya juga dapat merusak hardware lain yang terdapat di dalam laptop. Dapat dikatakan bahwa lebih baik laptop dalam kondisi lowbat daripada harus menggunakan charger laptop merek lain atau menggunakan charger laptop yang tidak original.


Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!-freepik-freepik

Periksa Suhu Charger Saat Melakukan Pengisian Daya

Untuk membuat charger laptop menjadi lebih awet, pengguna sebaiknya memeriksa suhu charger. Jika terasa hangat maka hal ini sebenarnya normal, namun jika terasa sangat panas maka segera cabut colokan charger dan tunggu sampai charger dalam kondisi yang normal sebelum digunakan kembali untuk melakukan pengisian daya.

Oleh karena itu, agar charger tidak menjadi cepat panas maka jangan mencolokkan charger dengan durasi yang terlalu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber