Ban Sering Ditambal? Inilah 3 Dampak Penggunaan Ban Kendaraan yang Sering Dilakukan Penambalan!

Ban Sering Ditambal? Inilah 3 Dampak Penggunaan Ban Kendaraan yang Sering Dilakukan Penambalan!

Ban Sering Ditambal? Inilah 3 Dampak Penggunaan Ban Kendaraan yang Sering Dilakukan Penambalan--Foto : Freepik.com/@standret

Dapat Merusak Lapisan Ban Kendaraan

Dampak buruk akibat ban yang banyak tambalan yaitu dapat merusak lapisan pada ban tersebut. Ban yang ditambal dapat membuat performanya menjadi semakin menurun.

Hal ini juga dapat membuat lapisan ban menjadi semakin rusak. Meskipun posisi jarak ban yang ditambal tidak berdekatan, namun tetap memungkinkan lapisan ban dapat menjadi rusak.

BACA JUGA:11 Rekomendari Merk Ban Mobil Terbaik yang Cocok di Iklim Tropis dan Anti Licin

Jika sudah terdapat banyak tambalan pada ban kendaraan maka sebaiknya segera lakukan penggantian ban dengan menggunakan ban yang baru.

Pengendara juga tidak boleh menambal ban dengan luka yang mempunyai panjang lebih dari 12 milimeter.

Jika lukanya lebih besar maka lebih baik untuk diganti dengan menggunakan ban yang baru. Hal ini tentunya akan jauh lebih baik dan dapat meminimalisir berbagai risiko yang tidak diinginkan.

 

Dapat Mempengaruhi Performa Ban Kendaraan

BACA JUGA:Apakah Ban Tubeless Butuh Perawatan Juga? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Ban Tubeless Pada Sepeda Motor!


Banyaknya tambalan ban yang terdapat pada kendaraan juga akan mempengaruhi performa ban --Foto : Freepik.com/@senivpetro

 

Banyaknya tambalan ban yang terdapat pada kendaraan juga akan mempengaruhi performa ban. Meskipun tidak terdapat aturan mengenai jumlah maksimal tambalan pada ban, namun pengendara sebaiknya mempunyai target batasan maksimal dari ban yang ditambal.

Meskipun pulir ban kendaraan dirasa masih bagus dan tebal, namun performa ban dapat menurun karena banyaknya titik bocor yang dapat menyebabkan ban menjadi cepat rusak.

Terlebih lagi jika pengendara tidak memperhatikan posisi lubang sebelum dilakukan penambalan. Pengendara perlu mengetahui bahwa posisi lubang yang berdekatan dapat menyebabkan permasalahan pada ban kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber