Setiap Kota Punya Tradisi Khas Imlek, 11 Tradisi Imlek di Indonesia

 Setiap Kota Punya Tradisi Khas Imlek, 11 Tradisi Imlek di Indonesia

Setiap Kota Punya Tradisi Khas Imlek, 11 Tradisi Imlek di Indonesia --Foto : Freepik.com/jcomp

Solo Lanjutkan aktivitas solomu dan rayakan tradisi Imlek Grebeg Sudiro di tahunnih, sobat tiket. Terkenal dengan wisata kuliner dan belanjanya, kota ini juga memiliki beberapa tradisi Tahun Baru Imlek. Hampir sepanjang bulan menjelang Tahun Baru, kawasan Pasar Gedhe dan Klenteng Tien Kok dipenuhi lampu lampion indah.

Salah satu tradisi unik Imlek di Solo adalah perayaan Grebeg Sudiro, tujuh hari sebelum Tahun Baru. Kebudayaan ini merupakan bentuk adaptasi budaya Sino-Jawa dan toleransi beragama Surakarta.

Selain parade unik, 4.000 keranjang akan dipilih dan dibagikan kepada semua yang hadir. Wow, dia terlihat sangat hidup!

BACA JUGA:Video: Buang Sial dengan Melepas Burung Pipit, Tradisi Imlek Warga Tionghoa

 

8. Festival Cian Cui di Riau

Tradisi Tahun Baru Imlek di Indonesia - Festival Cian Cui di Riau

Bermain air merupakan kegiatan yang menyenangkan. Menariknya, setiap tahun baru Imlek, Anda bisa mengikuti event Cian Cui atau adu air di Selat Panjang, Riau.

Perayaan tahun baru ini dilangsungkan di kalangan warga jalanan kawasan Kepulauan Meranti dengan saling menyiram air. Semua peralatan yang diperlukan untuk pemadaman air akan disiapkan, termasuk senjata air, sekop, ember dan kantong plastik.

Bagi orang Tionghoa, air membawa keberuntungan. Oleh karena itu, pada tahun baru ini diperingati festival Cian Cui yang artinya pembagian rejeki. Festival ini akan membuat semua orang bahagia!

BACA JUGA:Hunian Hotel di Palembang Meningkat Jelang Imlek

 

9. Pawai Tatung di Singkawang

Tradisi Tahun Baru Imlek di Indonesia - Parade Singkawang Tatung

Di kota di Kalimantan Barat yang berpenduduk Tionghoa 17% ini, perayaan Tahun Baru Imlek rutin diadakan. Salah satu tradisi uniknya adalah Pawai Tatung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber