Begini Cara Menghindari Panas dan Mendinginkan Suhu Udara Dalam Mobil

Begini Cara Menghindari Panas dan Mendinginkan Suhu Udara Dalam Mobil

Membiarkan pintu mobil terbuka beberapa saat sebelum ditumpangi dapat mengurangi suhu udara panas di dalam mobil.-Foundry-pixabay.com/Foundry

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mobil kendaraan pribadi membutuhkan perawatan dan perhatian yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik Mobil adalah masalah panas pada Mobil saat parkir, terutama di daerah yang panas dan terik seperti di wilayah tropis.

Ketika mobil diparkir di tempat terbuka atau di bawah sinar matahari langsung, suhu dalam mobil dapat naik hingga mencapai 50-60 derajat Celsius atau bahkan lebih, yang dapat merusak beberapa bagian mobil seperti ban, baterai, mesin, dan sistem pendinginan.

Namun tak usah khawatir. Berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa cara agar mobil tidak panas saat diparkir dan cara untuk mendinginkannya ketika mobil sudah panas.

1. Pemilik mobil dapat memilih tempat parkir yang strategis, seperti di bawah pohon yang rindang atau di tempat parkir yang terlindung dari sinar matahari langsung.

BACA JUGA:Roster Timnas PUBGM Indonesia yang Berlaga di SEA Games 2023 Kamboja

BACA JUGA:PALTV dan Kejati Sumsel Gelar Technical Meeting Kompetisi Vlog Anti Korupsi Sejak Dini

2. Selain itu, pemilik mobil juga dapat menggunakan alas kaki yang terbuat dari bahan isolasi termal, seperti kain atau karpet berlapis aluminium, untuk mengurangi panas yang terdapat pada bagian bawah mobil.

3. Pemilik mobil dapat menggunakan kaca film yang dapat mengurangi penetrasi sinar matahari dan juga mengurangi jumlah panas yang masuk ke dalam mobil. Pemilik mobil juga dapat mengganti kaca depan mobil dengan kaca yang dilapisi dengan bahan pelindung sinar UV untuk mengurangi suhu dalam mobil.

4. Sebelum meninggalkan mobil, pemilik mobil dapat membuka kaca mobil secara sedikit, atau menghidupkan sistem ventilasi agar sirkulasi udara di dalam mobil tetap berjalan. Hal ini akan membantu mengurangi suhu dalam mobil dan membuat mobil lebih sejuk ketika kembali ditumpangi.

Apabila mobil sudah panas saat diparkir, ada beberapa cara untuk mendinginkannya dengan cepat. Pertama, pemilik mobil dapat membuka jendela atau pintu mobil selama beberapa menit untuk mengalirkan udara segar ke dalam mobil.

BACA JUGA:Indonesia Raih Medali Pertama SEA Games 2023 dari Cabor Kun Bokator

BACA JUGA:Mulailah Melatih Diri Menjadi Lebih Bijak dalam Menentukan Pilihan

Kedua, pemilik mobil dapat membuka kap mesin untuk memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik di dalam mesin.

Ketiga, pemilik mobil dapat membawa botol air dan menyiram bagian mesin dan bodi mobil dengan air untuk membantu mendinginkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: