Mulailah Melatih Diri Menjadi Lebih Bijak dalam Menentukan Pilihan

Mulailah Melatih Diri Menjadi Lebih Bijak dalam Menentukan Pilihan

Wisdom.-geralt-pixabay.com/geralt

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Seperti yang kita semua tahu, tidak ada kehidupan tanpa masalah sama sekali. Terdapat permasalahan hidup dengan dimensi yang berbeda-beda, membawa kita untuk mengadopsi cara bertindak yang cerdas dalam pengambilan keputusan. Apa sih langkah-langkahnya? Simak saja penjelasannya di bawah ini ya.

Mengutip dari vocasia.id, berikut tips untuk melatih diri lebih bijak menentukan pilihan:

1. Cobalah memahami akar permasalahan

Ini seperti pepatah bahwa tanpa api tidak akan ada asap. Di mana tidak ada solusi terbaik kecuali memahami akar masalahnya. Mengetahui dan memahami akar masalah berarti kita memiliki kunci utama untuk membuka pintu baru dalam pencarian solusi.

BACA JUGA:Atlet Tunggal Putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung Tembus 10 Besar Dunia BWF

BACA JUGA:Panorama Keindahan Pantai Kuta Bali yang Menakjubkan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah luangkan waktu sejenak dan pikirkan secara mendalam akar masalah yang Anda hadapi. Timbang baik-baik semua implikasi positif dan negatifnya. Jika keputusan sangat mendesak maka harus benar-benar tenang, tidak emosi dan khawatir. Tentu saja pikiran Anda sedang sibuk dan hati Anda tidak gila. Lagi pula, akar penyebab masalahnya tidak pernah ditemukan. Bahkan jika keputusan dibuat, itu ceroboh dan biasanya tergesa-gesa, sehingga efek yang ditimbulkannya tidak dipertimbangkan secara mendalam.

2. Pikirkan tentang apa yang Anda butuhkan

Tentu saja, ketika Anda membuat keputusan penting tentang suatu masalah, apakah itu sederhana atau rumit, Anda harus mengandalkan kebutuhan apa yang ingin Anda capai dengan keputusan yang Anda pilih.

Jangan terpengaruh oleh hal-hal lain yang tampak seperti keputusan bijak yang dibuat karena kebutuhan. Jika Anda kekurangan kekuatan seperti itu, mungkin keputusan yang Anda buat hanya menimbulkan masalah baru, karena ya, secara logis, apa yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan tidak Anda miliki. Anda hanya membuang-buang waktu mulai sekarang.

3. Tentukan keputusan yang tepat

BACA JUGA:Wagub Sumsel Buka GTRA, 400 Hektar Tanah Timbul Akan Didata

BACA JUGA:Truk Besar Telan Korban Jiwa, Warga Minta Kadishub Palembang Dipecat

Keputusan yang tepat tidak lebih dari solusi yang masuk akal yang masuk ke akar masalah yang ada dan dapat memenuhi kebutuhan Anda. Jadi mengapa membuat keputusan yang logis, tetapi kebutuhan Anda tidak terpenuhi? Hal ini sangat jelas. Alasan seperti itu tidak berarti Anda harus membuat keputusan tanpa risiko, bukan? Anda harus tahu bahwa tidak ada keputusan yang tanpa resiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: vocasia.id