Laptop Mengalami Overheat? Inilah 5 Penyebab Kondisi Laptop yang Cepat Panas!

Laptop Mengalami Overheat? Inilah 5 Penyebab Kondisi Laptop yang Cepat Panas!

Laptop Mengalami Overheat? Inilah 5 Penyebab Kondisi Laptop yang Cepat Panas--Foto : Freepik.com/@kamranaydinov

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Terdapat berbagai aktivitas yang dilakukan saat ini perlu menggunakan laptop, baik untuk menyelesaikan pekerjaan, bermain game, atau menonton video streaming.

Pada saat sedang menggunakan laptop, pengguna terkadang merasa bahwa perangkat tersebut menjadi lebih cepat panas.

Hal ini tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena kondisi laptop yang cepat panas atau overheat dapat mempengaruhi performa dan juga usia pakai dari laptop tersebut.

Overheat menjadi masalah umum yang sering terjadi pada laptop dan menjadi penyebab dari perangkat laptop mempunyai usia pemakaian yang pendek.

BACA JUGA:Cara Mengecas Laptop yang Benar? Inilah 6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pengisian Daya Baterai Laptop!

Meskipun perangkat laptop telah dilengkapi dengan kipas pendingin dan pengatur sirkulasi udara, namun laptop terkadang masih bisa mengalami overheat akibat kelalaian pengguna dalam menggunakan dan merawatnya.

Kondisi laptop yang cepat panas atau mengalami overheat dapat menyebabkan laptop menjadi melambat, hang, dan menjadi tidak responsif.

Ciri dari laptop yang mengalami overheat dapat dengan mudah terlihat pada bagian bawah laptop karena suhunya terasa di luar batas normal.

Jika hal tersebut terjadi maka biasanya laptop akan mati dengan sendirinya, karena pada BIOS terdapat pengaturan otomatis yang akan mematikan laptop untuk dapat melindungi hardware dari bahaya laptop yang panas.

BACA JUGA:Laptop Untuk Bermain Game, Inilah 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Laptop Gaming!

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi laptop yang menjadi cepat panas bahkan dapat mengalami overheat atau kondisi panas yang berlebihan.

 

Durasi Penggunaan Laptop yang Terlalu Lama

Menggunakan laptop dengan durasi yang terlalu lama tentunya dapat memicu laptop mengalami overheat, terlebih lagi jika laptop digunakan untuk multitasking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber