Laptop Mengalami Overheat? Inilah 5 Penyebab Kondisi Laptop yang Cepat Panas!

Laptop Mengalami Overheat? Inilah 5 Penyebab Kondisi Laptop yang Cepat Panas!

Laptop Mengalami Overheat? Inilah 5 Penyebab Kondisi Laptop yang Cepat Panas--Foto : Freepik.com/@kamranaydinov

Jika pengguna ingin menggunakan laptop dengan durasi waktu yang lama, maka sebaiknya siapkan cooling pad atau menggunakan laptop pada tempat yang terbuka dengan sirkulasi udara yang mampu menurunkan suhu laptop sehingga tidak cepat panas.

BACA JUGA:Laptop Untuk Pelajar dan Mahasiswa? Inilah 6 Tips Memilih Laptop yang Sesuai Untuk Menunjang Pembelajaran!


Menggunakan laptop dengan durasi yang terlalu lama tentunya dapat memicu laptop mengalami overheat--Foto : Freepik.com/@bedneyimages

 

Meletakkan Laptop Sembarangan

Meletakkan laptop sembarangan merupakan salah satu penyebab laptop yang menjadi cepat panas karena sebuah kebiasaan yang mungkin sering dilakukan oleh pengguna.

Pada saat menggunakan laptop, pengguna terkadang meletakkannya di atas kasur ataupun bantal. Menggunakan laptop sambil tiduran atau bermalas-malasan memang sangat enak, namun dapat mengakibatkan sirkulasi udara pada laptop menjadi terhambat oleh kasur ataupun bantal tersebut.

Komponen yang terdapat di dalam perangkat laptop juga akan menjadi lebih cepat panas dan membuat debu atau kotoran menjadi menumpuk di berbagai tempat seperti pada heatsink processor.

BACA JUGA:Terbaru! Laptop Dengan Sistem Operasi Android dan Windows, Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid

 

Ventilasi Udara yang Tersumbat

Ventilasi merupakan jalan untuk keluar masuknya udara yang dialirkan oleh kipas, letak ventilasi udara pada laptop cukup beragam ada yang di bawah, samping, dan samping depan laptop.

Jika ventilasi udara tertutup oleh debu atau kotoran, maka laptop akan menjadi lebih cepat panas. Untuk dapat mengatasinya, pengguna perlu membersihkan laptop dari debu dan jangan menutup ventilasi udara dengan bantal atau karpet.

BACA JUGA:Terbaru! Laptop Dengan Sistem Operasi Android dan Windows, Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber