Sering Melewati Jalan Rusak?. Ini 8 Cara Jaga Shockbreaker Motor Agar Awet

 Sering Melewati Jalan Rusak?. Ini 8 Cara Jaga Shockbreaker Motor Agar Awet

Sering Melewati Jalan Rusak?. Ini 8 Cara Jaga Shockbreaker Motor Awet--Instagram.com/@teras_matic

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan motor ialah Shockbreaker. Komponen motor ini berguna untuk meredam guncangan atau lompatan yang timbul akibat jalan tidak mulus ketika berkendara.

Selain itu, shockbreaker juga berfungsi memberikan rasa nyaman dan menentukan stabilitas gerakan saat berkendara. Shockbreaker memegang peranan sentral dalam menentukan kenyamanan dan keamanan berkendara sepeda motor.

Kendaraan yang dilengkapi dengan shockbreaker yang berfungsi optimal dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan aman.

Namun seiring usia pemakainya, kerja dan fungsi komponen peredam kejut tersebut akan menurun. Oleh karena itu, menjaga shockbreaker agar tetap awet menjadi hal penting bagi pemilik sepeda motor.

BACA JUGA:Produksi Cina: BYD Siap Meramaikan Pasar Mobil Listrik Indonesia, Simak Keunggulannya

Berikut beberapa tips agar shockbreaker pada motor yang dimiliki dapat awet terjaga :

1. Pemeriksaan Berkala

Pemeriksaan rutin merupakan langkah pertama dalam menjaga shockbreaker. Periksa secara berkala kondisi fisik shockbreaker, termasuk apakah ada tanda-tanda kebocoran oli, keausan pada per serta retakan atau kerusakan lainnya. Pemeriksaan ini dapat dilakukan secara mandiri atau oleh mekanik profesional.

2. Tekanan Udara yang Tepat

BACA JUGA:Iphone Anda Hilang? Tenang, Apple Tak Beri Akses Bagi Pencuri Gunakan Iphone Yang Dicuri

Pastikan tekanan udara pada shockbreaker sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan yang tidak sesuai dapat mengurangi efektivitas shockbreaker dan mempengaruhi kenyamanan berkendara. Periksa tekanan udara secara rutin untuk memastikan tetap optimal.

3. Hindari Beban Berlebihan

Mengangkut beban melebihi kapasitas maksimal sepeda motor dapat merusak shockbreaker. Selalu perhatikan kapasitas beban yang dianjurkan oleh pabrikan dan hindari melebihi batas tersebut untuk menjaga kesehatan shockbreaker.

4. Perhatikan Kondisi Jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber