Dampak Mematikan Motor Matic Menggunakan Side Stand Switch atau Standar Samping? Inilah 4 Risikonya!

Dampak Mematikan Motor Matic Menggunakan Side Stand Switch atau Standar Samping? Inilah 4 Risikonya!

Apakah Dampak Mematikan Motor Matic Menggunakan Side Stand Switch atau Standar Samping? Inilah 4 Risikonya--Foto : Instagram.com/@hondaetamkaltim

Namun, hal yang perlu diketahui oleh pengendara bahwa hal tersebut hanya mematikan bagian mesin motor saja dan tidak ikut mematikan sistem kelistrikannya secara otomatis.

Terdapat berbagai sistem kelistrikan pada motor matic yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya, termasuk saat mematikannya ketika tidak diperlukan.

Berbagai sistem kelistrikan yang terdapat pada motor matic masih menyala jika tidak dimatikan dengan menggunakan kunci motor. Salah satu contohnya yang dapat terlihat yaitu pada berbagai lampu motor matic dan speedometer yang masih tetap menyala.

BACA JUGA:Panduan Bijak Berkendara Motor Saat Hujan Deras untuk Keamanan Tanpa Kecelakaan!


Terdapat berbagai sistem kelistrikan pada motor matic yang perlu diperhatikan--Foto : Freepik.com/freepik

 

Membuat Aki Menjadi Soak

Akibat dari sistem kelistrikan pada motor matic yang masih menyala tentunya akan dapat berpengaruh terhadap penggunaan aki motor.

Apabila pengendara mematikan mesin motor dengan menggunakan standar samping tanpa mematikan motor dengan menggunakan kunci, hal ini akan membuat aki motor menjadi soak.

Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk motor matic tersebut. Oleh karenanya, perlu untuk selalu menjaga kondisi motor matic dan jangan lupa untuk selalu mematikan sistem kelistrikan motor.

Hal tersebut akan membuat performa motor menjadi tetap terjaga dengan baik, aki motor juga dapat terjaga kondisinya dan dapat berfungsi secara optimal.

BACA JUGA:Biar Makin Ganteng Sepeda Motornya! Berikut Rekomendasi Tipe Spion Modifikasi untuk Honda Beat

 

Meningkatkan Risiko Pencurian Sepeda Motor

Kebiasaan mematikan mesin motor dengan cara menurunkan standar samping mempunyai berbagai risiko, salah satunya yaitu dapat meningkatkan risiko pencurian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber