Kebebasan finansial: Apa Itu Tingkatannya dan Bagaimana Mencapainya?

Kebebasan finansial: Apa Itu Tingkatannya dan Bagaimana Mencapainya?

Kebebasan finansial Apa Itu Tingkatannya, dan Bagaimana Mencapainya.--Foto : Freepik.com/@piksel mentah.com

Penting untuk memahami dan mendokumentasikan situasi keuangan Anda, termasuk jumlah uang yang Anda miliki, hutang yang Anda miliki, dan tujuan keuangan yang ingin Anda capai.

 

2. Kemampuan mandiri

Pada tahap ini anak hidup mandiri tanpa bantuan orang tua. Meski Anda tetap perlu meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, yang terpenting adalah kemampuan Anda membiayai biaya hidup sendiri.

BACA JUGA:Mengenal Fenomena Generasi Sandwich Yang Tertekan Secara Finansial dan Sulit Memiliki Rumah Sendiri

 

3. Dua Nafas

Jika Anda masih perlu meminjam uang pada level sebelumnya, mungkin ada saldo uang pada level ini meskipun Anda sudah memenuhi kebutuhan sehari-hari. Uang ini dapat dimasukkan ke dalam rekening tabungan, investasi, atau pensiun.Tingkat ini tidak ditentukan oleh inflasi saja. Individu dengan kekayaan bersih tinggi tidak memiliki hak untuk menyisihkan uang untuk ditabung atau diinvestasikan.

 

4. Stabilitas

Langkah selanjutnya menuju kebebasan ekonomi adalah stabilitas. Kini, Anda tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan. Orang yang mencapai keamanan finansial memiliki tabungan dan dana darurat yang cukup untuk bertahan selama enam bulan ke depan.

BACA JUGA:Anak Muda Harus Tahu! Ini Cara Menghindari Kesalahan Umum Finansial di Usia Muda

 

5. Ngwari

Bagian ini memudahkan masyarakat untuk hidup. Masyarakat yang mencapai level ini akan mempunyai banyak dana darurat untuk dua tahun ke depan.Anda tidak hanya bisa tiba-tiba bekerja, tapi Anda juga bisa berhenti dari pekerjaan Anda dan mengambil cuti setahun jika Anda mau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber