Kebebasan finansial: Apa Itu Tingkatannya dan Bagaimana Mencapainya?

Kebebasan finansial: Apa Itu Tingkatannya dan Bagaimana Mencapainya?

Kebebasan finansial Apa Itu Tingkatannya, dan Bagaimana Mencapainya.--Foto : Freepik.com/@piksel mentah.com

Langkah pertama untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan mengetahui keadaan keuangan Anda. Dengan begitu, Anda akan mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial.

Ibarat tidak mengetahui penyakit apa yang diderita dan cara mengobatinya tanpa memeriksakannya. Ya, hal yang sama berlaku untuk dompet Anda. Hal ini terutama berlaku jika Anda memiliki hutang.

Pelajari cara mengelola keuangan Anda di masa depan. Bagaimana cara memeriksanya? Anda dapat berbicara dengan perencana keuangan atau ahli di bidangnya.

BACA JUGA:4 Shio Pemikat Kekayaan, Meraih Kesuksesan Finansial dengan Keberuntungan Abadi

 

2. Tentukan tujuan dan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, tetapkan tujuan keuangan Anda. Ini akan membantu Anda memahami tujuan apa yang ingin Anda capai dalam jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, tujuan Anda melunasi utang harus diprioritaskan daripada mengumpulkan dana darurat, dibandingkan kebutuhan lainnya.

Mengapa demikian? Namun, dana darurat penting karena Anda akan membutuhkannya sewaktu-waktu. Karena risiko yang ada harus diperhitungkan.

Jika Anda mengajukan pinjaman dari bank atau lembaga kredit lainnya, Anda akan dibayar penuh pada saat Anda membayar. Oleh karena itu, kawasan ini harus diperbaiki terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan finansial lainnya.

BACA JUGA:Membangun Kekayaan Mulai dari Sekarang: Langkah Pertama Menuju Kebebasan Finansial

Lalu ketikkan apa pun yang Anda inginkan. Misalnya saja biaya hidup sehari-hari, biaya sekolah menengah untuk menambah pekerjaan, dan biaya untuk memenuhi kebutuhan seluruh keluarga.

Tetapkan setiap persyaratan. Dengan cara ini, Anda akan dapat mendistribusikan pendapatan Anda dengan lebih baik dan mengetahui berapa banyak yang tersisa untuk ditabung.

 

3. Tetapkan prioritas Anda.

Langkah selanjutnya untuk mencapai kebebasan finansial adalah merencanakan kebutuhan Anda. Hal ini penting karena berapapun yang Anda keluarkan setiap bulannya, akan sia-sia jika tidak fokus pada tujuan utama. Dalam hal ini, uang yang Anda simpan tidak akan bertambah.Seperti topik kedua di atas, ini tentang prioritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber