60 Perusahaan Lokal Kurangi Angka Pengangguran di Muara Enim

60 Perusahaan Lokal Kurangi Angka Pengangguran di Muara Enim

Pengusaha Lokal Tanjung Enim (Peltam), mampu menyerap tenaga kerja hingga dua ribu orang hingga awal tahun 2023.-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Enam puluh perusahaan lokal di Kabupaten MUARA ENIM yang tergabung dalam Pengusaha lokal Tanjung Enim (Peltam), mampu menyerap tenaga kerja hingga dua ribu orang hingga awal tahun 2023. Sehingga membantu program pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran.

Tingkat angka pengangguran terbuka di wilayah Kabupaten Muara Enim di tahun 2022 kemarin mencapai 5,03 persen dan diakhir tahun menurun menjadi 4,12 persen, menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah dan pihak terkait.

Dengan adanya pengusaha lokal atau perusahaan lokal juga turut berperan serta untuk mengurangi angka pengangguran di wilayah Bumi Serasan Sekundang. Setidaknya ada enam puluh perusahaan lokal yang tergabung dalam oraganisasi pengusaha lokal Tanjung Enim (Peltam) sudah berdiri di Kabupaten Muara Enim, membantu program pemerintah dalam memberikan lapangan kerja bagi warga asli Kabupaten Muara Enim.

Ketua Peltam Safril mengatakan bahwa selama berdiri, Peltam yang beranggotakan enam puluh perusahaan lokal di Muara Enim bisa membuka lapangan kerja baru bagi warga Muara Enim yang tamatan SMP hingga SMA, baik yang memiliki skill bahkan yang tidak memiliki keterampilan.

BACA JUGA:Perubahan Cuaca Tak Menentu, Petani Pepaya di Indralaya Terancam Gagal Panen

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Siap Gelontorkan Bangub Rp8 M untuk Mengatasi Banjir


Ketua Peltam Safril mengatakan bahwa selama berdiri, Peltam yang beranggotakan enam puluh perusahaan lokal di Muara Enim bisa membuka lapangan kerja baru bagi warga Muara Enim.-Yansyah-PALTV

Tercatat hingga awal tahun 2023 ini saja Peltam mampu menyerap dua ribu tenaga kerja, baik dari usia muda hingga usia menengah yang masih produktif. Secara data, dari enam puluh perusahaan anggota Peltam mampu menerima ratusan tenaga kerja untuk ditempatkan di beberpa perusahaan besar di Kabupaten Muara Enim.

“Jadi kita semua yang anggota Peltam ini adalah mitra dari Bukit Asam semua. Dengan bidang pekerjaan mayoritas jasa alih daya, tenaga kerja. Salah satu tujuan Peltam itu ialah mengakomodir tenaga kerja lokal yang tidak bisa diakomodir oleh perusahaan-perusahaan besar. Sampai dengan saat ini dari enam puluh anggota Peltam, itu kurang lebih mempekerjakan sebanyak dua ribu tenaga kerja,” jelas Ketua Peltam Safril.


Peltam sudah bekerja sama dengan PTBA untuk penyaluran tenaga kerja.-Yansyah-PALTV

Ke depannya untuk memberikan kualitas tenaga kerja yang akan diserap oleh perusahaan lokal, Peltam akan melakukan pelatihan bagi calon tenaga kerja untuk bisa ditempatkan di perusahaan seperti PTBA. Saat ini Peltam sendiri sudah bekerja sama dengan PTBA untuk penyaluran tenaga kerja.

Tujuan Peltam sendiri dibentuk sebagai wadah bagi seluruh perusahaan lokal untuk bisa membuka lapangan kerja bagi warga lokal. Dengan begitu, Peltam bisa membantu tugas Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengurangi angka pengangguran.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv