Gubernur Sumsel Herman Deru Siap Gelontorkan Bangub Rp8 M untuk Mengatasi Banjir

Gubernur Sumsel Herman Deru Siap Gelontorkan Bangub Rp8 M untuk Mengatasi Banjir

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bersama Pj Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), meninjau lokasi banjir paling parah di Kelurahan Sekar Jaya, Baturaja, Minggu (30/4/2023).-Ari Pranika-PALTV

OGAN KOMERING ULU, PALTV.CO.ID - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengunjungi korban banjir di Kelurahan Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Setelah mengecek lokasi banjir, orang nomor satu di Sumatera Selatan ini berjanji menggelontorkan Bantuan Gubernur (Bangub) sebesar Rp8 miliar untuk mengatasi banjir.

Minggu siang, 30 April 2023, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bersama Pj Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah, meninjau lokasi banjir paling parah di Kelurahan Sekar Jaya, Baturaja. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Herman Deru menyalurkan bantuan sembako serta berjanji akan membantu mengatasi banjir di wilayah OKU, khususnya kelurahan Sekar Jaya.

Diketahui sejak beberapa hari terakhir, banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu meluas. Ratusan rumah di dua kelurahan terendam hingga dua meter lebih. Akibatnya, banyak warga merugi lantaran perabotan rumah serta kendaraan terendam saat hujan lebat melanda.

Kondisi ini dirasakan warga kelurahan terparah di Kelurahan Sekar Jaya hingga warga harus merelakan harta bendanya terendam air. Warga di Kelurahan Sekar Jaya mengaku, dalam satu bulan ini sudah tiga kali mengalami banjir musiman yang telah menjadi langganan warga setempat. Seperti yang diungkapkan oleh Lurah Sekar Jaya Eldaniati.

BACA JUGA:May Day 2023, Massa Buruh di Palembang Tuntut Batalkan UU dan Cabut Perpu Cipta Kerja

BACA JUGA:Ombudsman RI Ikut Kawal Kesejahteraan Buruh


Gubernur Herman Deru menyalurkan bantuan sembako serta berjanji akan membantu mengatasi banjir di wilayah OKU, khususnya kelurahan Sekar Jaya, Minggu (30/4/2023).-Ari Pranika-PALTV

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang meninjau langsung lokasi banjir terparah di Kelurahan Sekar Jaya menyatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap menggelontorkan dana mencapai Rp8 miliar untuk mengatasi banjir. Hal ini dilakukan agar banjir tidak terjadi terus menerus.


Gubernur Sumsel Herman Deru berjanji akan menggelontorkan Bantuan Gubernur untuk penanggulangan banjir, Minggu (30/4/2023).-Ari Pranika-PALTV

“Untuk solusi pertama yang akan kita berikan adalah berupa uang Gubernur secara khusus untuk penanggulangan ini (banjir) yang sudah diusulkan Bupati. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa dilaksanakan agar dapat dilaksanakan normalisasi sungai-sungai ini, pendalaman dan hasilnya akan dibuatkan sejenis tanggul untuk luapan airnya tidak tumpah ke rumah,” jelas Gubernur Sumsel Herman Deru.

Saat ini kondisi air sudah mulai surut. Namun, jika hujan lebat melanda bukan tidak mungkin beberapa wilayah itu akan kembali terendam banjir. Seperti diketahui, beberapa pemukiman yang terendam banjir disebabkan kurangnya resapan air serta drainase yang tidak memadai.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv