Bagaimana Search Engine Memberikan Informasi Sesuai Kebutuhan Pengguna? Inilah 6 Cara Kerja yang Dilakukan!

Bagaimana Search Engine Memberikan Informasi Sesuai Kebutuhan Pengguna? Inilah 6 Cara Kerja yang Dilakukan!

Bagaimana Search Engine Memberikan Informasi--Foto : Freepik.com/freepik

Dengan bantuan dari search engine ini, pengguna dapat menemukan berbagai jenis informasi seperti: artikel, berita, gambar, video, dan berbagai informasi lainnya.

BACA JUGA:Mencari Informasi Di Internet? Inilah 6 Jenis Search Engine yang Bisa Untuk Digunakan!


Cara kerja dari search engine atau mesin pencari ini dalam menyajikan informasi--Foto : freepik-Rawpixel.com

 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara kerja dari search engine atau mesin pencari ini dalam menyajikan informasi bagi para penggunanya.

Crawling

Crawling adalah proses pertama yang dilakukan oleh search engine atau mesin pencari. Crawling merupakan sebuah proses pengumpulan informasi dari semua halaman website yang terhubung pada situs website tersebut.

Proses ini dilakukan dari halaman satu ke halaman lainnya dan juga dari link satu ke link lainnya, proses ini merupakan tahapan awal dari cara kerja search engine.

BACA JUGA:Google Menambahkan Fitur Baru di Gmail Untuk Melacak Transaksi Online

Search engine atau mesin pencari ini akan melakukan crawling dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi yang detail dari sebuah website.

Proses ini akan dilakukan oleh Bot yang bekerja secara terus-menerus dalam mengumpulkan detail website seperti halaman, judul, kata kunci, gambar, dan internal link yang terdapat pada website tersebut.

 

Indexing

Setelah melakukan crawling, proses selanjutnya yaitu indexing. Pada dasarnya proses indexing merupakan identifikasi dari kata-kata dan tulisan yang membuat halaman tersebut masuk ke dalam database dari search engine dengan keyword atau kata kunci tertentu.

BACA JUGA:Selamat Tinggal Cookies: Rencana Besar Google untuk Menghapusnya dengan Tracking Protection

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber