Selamat Tinggal Cookies: Rencana Besar Google untuk Menghapusnya dengan Tracking Protection

Selamat Tinggal Cookies: Rencana Besar Google untuk Menghapusnya  dengan Tracking Protection

Selamat Tinggal Cookies: Rencana Besar Google untuk Menghapusnya dengan Tracking Protection--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Google mengumumkan pada hari Kamis rencana besar mereka yang akan memulai pemusnahan cookie internet pada 4 Januari 2024. 

Pada tanggal tersebut, perusahaan akan secara default memblokir cookie pihak ketiga untuk 1%. pengguna desktop Chrome atau sekitar 30 juta orang. Namun, apa yang salah dengan cookie dan apa yang akan digantikan oleh Google? Mari kita cari tahu.

Pertama, apa yang salah dengan cookie? Cookie adalah potongan kecil data yang disimpan oleh situs web di situs pencarian atau peramban Anda saat Anda mengunjungi mereka.

Mereka digunakan untuk mengingat preferensi Anda, melacak perilaku online Anda, dan menampilkan iklan yang dipersonalisasi. Namun, cookie juga memiliki beberapa kelemahan.

BACA JUGA:Memilih Sistem Sewa Mobil Dengan Sopir atau Tanpa Sopir : Ini Pilihan Terbaik

Mereka dapat menginvasi privasi Anda dengan mengumpulkan informasi sensitif tentang Anda, seperti riwayat penelusuran, lokasi, dan informasi perangkat.

Mereka juga dapat memperlambat kinerja peramban Anda dengan mengonsumsi bandwidth dan memori. Dan mereka dapat menimbulkan risiko keamanan dengan memungkinkan peretas mengakses data Anda atau menyuntikkan kode berbahaya ke peramban Anda.

Inilah beberapa alasan mengapa Google ingin menghentikan cookie pihak ketiga di Chrome pada tahun 2024.

Cookie pihak ketiga adalah cookie yang diatur oleh situs web selain yang Anda kunjungi. Misalnya, jika Anda mengunjungi situs berita yang memiliki iklan dari situs lain, situs iklan tersebut dapat menetapkan cookie pada peramban Anda yang melacak apa yang Anda klik pada iklan situs berita.

BACA JUGA:Informasi Terbaru! Pertamina Persiapkan 675 SPBU untuk Sambut Nataru 2024

Dengan cara ini, situs iklan dapat menampilkan iklan yang lebih relevan berdasarkan minat Anda. Namun, periklanan adalah inti dari bisnis Google. Mereka tidak bisa sekadar mematikan cookie, dan oleh karena itu, pelacakan, tanpa memiliki teknologi iklan alternatif yang siap.

Maka lahir inisiatif Privacy Sandbox mereka untuk mengembangkan pendekatan yang lebih "privasi-pertama".

Bagaimana skema Google untuk menghapus cookie muncul? Google pertama kali memperkenalkan konsep Privacy Sandbox mereka pada tahun 2019.

Tujuan utamanya adalah menggantikan cookie pihak ketiga di Chrome dan menguji pengganti yang mungkin untuk periklanan yang ditargetkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber