Apa Saja yang Menyebabkan Busi Motor Menjadi Rusak? Inilah 6 Penyebab Busi Pada Sepeda Motor Cepat Rusak?

Apa Saja yang Menyebabkan Busi Motor Menjadi Rusak? Inilah 6 Penyebab Busi Pada Sepeda Motor Cepat Rusak?

Apa Saja yang Menyebabkan Busi Motor Menjadi Rusak? Inilah 6 Penyebab Busi Pada Sepeda Motor Cepat Rusak?--Foto instagram/@anugerah_santosa_landak

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Busi motor mempunyai fungsi untuk dapat mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh coil menjadi percikan api yang mampu membakar campuran bahan bakar dan udara pada ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Pada saat busi motor terhubung ke tegangan, dimana besarnya dari tegangan ini mencapai ribuan volt yang dihasilkan dari ignition coil.

Tegangan inilah yang nantinya akan menghasilkan tegangan listrik yang berbeda dengan tegangan elektroda pada bagian tengah dan bagian samping dari busi.

Terkadang busi motor tidak dapat bekerja secara maksimal pada saat terjadi banjir pada bagian celah isolator busi.

Ketika terjadi perbedaan tegangan yang melebihi kekuatan elektrik gas, maka gas akan ikut berionisasi sehingga yang awalnya bersifat sebagai isolator akan berubah menjadi bersifat konduktor.

BACA JUGA:Kadivyankumham Perkuat Perlindungan Kekayaan Intelektual di Kabupaten Muara Enim

Hal tersebut membuat arus elektron nantinya akan mengalir dan juga dapat meningkatkan suhu yang terdapat pada celah percikan busi.

Busi motor dapat menjadi lebih cepat rusak akibat kondisi komponen mesin motor lainnya ataupun faktor perawatan dari pengendara motor yang kurang maksimal.

Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan busi motor menjadi lebih cepat rusak? Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab busi pada sepeda motor menjadi lebih cepat rusak.

Pemasangan Busi yang Tidak Tepat

Busi motor bisa menjadi lebih cepat rusak jika pemasangan dilakukan terlalu longgar atau berada pada posisi yang salah akibat adanya kerusakan yang terjadi pada jalur baut.


Apa Saja yang Menyebabkan Busi Motor Menjadi Rusak? Inilah 6 Penyebab Busi Pada Sepeda Motor Cepat Rusak?--foto instagram/@yamahariaukepr

Jika busi motor tidak dipasang dengan tepat maka mesin motor akan menjadi lebih rentan mengalami masalah, begitu juga dengan kinerja busi yang akan menurun dan menjadi rusak.

Terjadi Korsleting Pada Jalur Pengapian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber