Apa Saja yang Menyebabkan Busi Motor Menjadi Rusak? Inilah 6 Penyebab Busi Pada Sepeda Motor Cepat Rusak?

Apa Saja yang Menyebabkan Busi Motor Menjadi Rusak? Inilah 6 Penyebab Busi Pada Sepeda Motor Cepat Rusak?

Apa Saja yang Menyebabkan Busi Motor Menjadi Rusak? Inilah 6 Penyebab Busi Pada Sepeda Motor Cepat Rusak?--Foto instagram/@anugerah_santosa_landak

Gejala korsleting yang terjadi pada jalur pengapian salah satunya ditandai dengan sepeda motor mengalami macet.

Bahkan, sepeda motor dapat mengalami mati total setelah dicuci. Jika gejala tersebut telah terjadi, busi motor akan cenderung menjadi lebih cepat rusak.

Komponen lain pada sepeda motor seperti koil, spul, dan CDI juga akan menjadi lebih cepat rusak. Pengendara dapat mengatasi masalah tersebut dengan melakukan pemeriksaan pada jalur pengapian untuk dapat mengidentifikasi kabel terbakar.

BACA JUGA:Mirip Era Pager Zaman Dulu, Posisi Rabbit R1 dan perangkat 'AI-first' Masih Lama Menggantikan Smartphone

Busi Rusak atau Tidak Sesuai

Dalam memilih busi motor yang sesuai, pengendara perlu memperhatikan petunjuk dan rekomendasi dari pabrikan produsen sepeda motor yang digunakan.

Busi yang rusak dan tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor dapat menyebabkan busi motor menjadi mati.

Selain itu, pengendara juga perlu memastikan busi motor dalam kondisi baik dan bersih. Jika sudah perlu diganti, maka pengendara sebaiknya segera menggantinya dengan busi yang berkualitas sesuai dengan rekomendasi produsen sepeda motor.

Pengaturan Bahan Bakar Tidak Tepat

Pada saat pengendara salah dalam melakukan pengaturan bahan bakar, maka yang dapat terjadi yaitu hisapan bahan bakar menjadi terlalu berlebihan.

Hal ini akan mengakibatkan busi menjadi lebih cepat rusak dan tidak berfungsi karena terkena siraman bahan bakar yang berlebihan.


Apa Saja yang Menyebabkan Busi Motor Menjadi Rusak? Inilah 6 Penyebab Busi Pada Sepeda Motor Cepat Rusak?--foto instagram/@astraotoshop

Pengendara dapat melakukan pengecekan hal ini dengan cara melihat elektroda busi, jika kondisi dari kepala busi selalu terlihat basah artinya setelan bahan bakar sudah berlebihan.

Cara dalam mengatasinya yaitu dengan melakukan pengaturan ulang pada bahan bakar, permasalahan yang satu ini umumnya rentan terjadi pada sepeda motor yang masih menggunakan karburator.

Suhu Mesin yang Terlalu Panas 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber