Tips Memantapkan Hati Ketika Dihadapkan pada Pilihan Sulit, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW dan Syariat Islam

Tips Memantapkan Hati Ketika Dihadapkan pada Pilihan Sulit, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW dan Syariat Islam

Memantapkan hati ketika dihadapkan pada pilihan sulit, sesuai anjuran Rasulullah SAW dan syariat Islam.--freepik.com/@wayhomestudio

Sebagaimana Rasulullah SAW mengajarkan sahabatnya untuk melakukan salat 2 rakaat ketika bingung, dan berdo’a memohon petunjuk serta kemantapan hati. Salah satu sahabat mengatakan:

“Rasulullah SAW mengajarkan kami berIstikharah dalam seluruh perkara sebagaimana beliau mengajarkan kami surat Al-Qur’an. Beliau bersabda: Apabila kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah salat sunnah dua rakaat kemudian berdo’alah…” (HR Imam al-Bukhari)

BACA JUGA:Bukan Hanya Mencari Nafkah, Ini Peran seorang Ayah dalam Keluarga Menurut Islam

Salat istikharah ini terdiri dari dua rakaat, dilakukan di luar waktu salat wajib dan dapat dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam.

Namun, banyak yang melakukannya di waktu sepertiga malam, terutama sebelum atau sesudah salat tahajud. Karena, pada waktu tersebut adalah waktu yang mustajab untuk berdo’a.

2. Meminta Nasihat dari Ulama atau Orang yang Paham

Selain salat istikharah, meminta nasihat kepada ulama atau orang yang memiliki pemahaman agama dan akhlak yang baik juga merupakan langkah yang bijak.

BACA JUGA:Waspada! Ini 4 Tanda Lemahnya Iman, Yuk Kenali Jangan Sampai Kamu Terlena!


Meminta nasihat kepada ulama atau orang yang memiliki pemahaman agama dan akhlak yang baik juga merupakan langkah yang bijak.--freepik.com/@storyset

Dengan mendengarkan pertimbangan mereka, kita dapat memperoleh pandangan yang berharga. Pengalaman baik dan buruk yang mereka miliki dapat menjadi landasan dalam mengambil keputusan.

Tidak hanya itu, berkonsultasi dengan teman, sahabat, atau senior yang pernah mengalami permasalahan serupa juga dapat memberikan perspektif yang berharga.

Selain meminta pertimbangan, memohon do’a dari mereka juga bisa menjadi dukungan spiritual.

3. Meminta Do’a dan Pertimbangan Orang Tua

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Hukum dan Adab yang Baik Menagih Utang dalam Islam

Langkah selanjutnya adalah meminta do’a dan pertimbangan dari orangtua, terutama dalam hal meminta restu. Karena restu dan ridho orang tua dianggap sebagai ridho dari Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber