Ini Pandangan Islam Tentang Anak Durhaka, Dosa Besar yang Harus Dihindari Seorang Muslim

Ini Pandangan Islam Tentang Anak Durhaka, Dosa Besar yang Harus Dihindari Seorang Muslim

Pandangan Islam tentang anak durhaka, dosa besar yang harus dihindari seorang Muslim.--freepik.com/@jcomp

Rasulullah Saw bersabda: ”Setiap dosa-dosa, Allah SWT mengakhirkan (balasannya), sebagaimana yang ia inginkan dari dosa-dosa itu hingga hari kiamat, kecuali durhaka kepada kedua orang tuanya, sesungguhnya Allah menyegerakan (balasannya) bagi pelakunya saat hidup di dunia sebelum wafat.” (HR. Ath-Thabrani)

BACA JUGA:Waspada! Ini 4 Tanda Lemahnya Iman, Yuk Kenali Jangan Sampai Kamu Terlena!

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa sikap seorang anak yang dapat dikategorikan sebagai perbuatan durhaka kepada kedua orang tua. Sikap tersebut di antaranya:

Berkata Kasar kepada Orang Tua

Berkata kasar atau bahkan mengucapkan perkataan yang menunjukkan tidak suka, seperti “ah” atau semacamnya, membentak atau bersuara keras kepada orang tua merupakan termasuk kedalam perbuatan durhaka, sebagaimana firman Allah SWT berikut, yang artinya:

“Maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan jangan pula kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’ [17]: 23)

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Hukum dan Adab yang Baik Menagih Utang dalam Islam


Kadang seorang anak terutama anak laki-laki, setelah menikah dan memiliki anak maka ketaatan dan kepatuhan kepada kedua orang tuanya berkurang.--freepik.com/@freepik

Lebih Mendahulukan Anak dan Istri daripada Kedua Orang Tua

Kadang seorang anak terutama anak laki-laki, setelah menikah dan memiliki anak maka ketaatan dan kepatuhan kepada kedua orang tuanya berkurang.

Rasa cinta dan perhatian kepada kedua orang tua dikalahkan oleh rasa cinta dan perhatian kepada anak dan istri.

Bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya khususnya kepada Ibu seharusnya tidak berhenti meskipun seorang anak telah berumah tangga memiliki anak dan istri.

BACA JUGA:Patut Diamalkan! Ini Nasihat Rasulullah SAW Saat Usia Senja, Isi Sisa Usia dengan Amal Terbaik

Justru sesungguhnya bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya dapat menjadi salah satu sebab kebahagiaan dan keberkahan rumah tangga seorang anak.

Tidak Menjawab Panggilan Mereka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber