Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu Jua! 6 Agama di Indonesia: Tempat Ibadah, Hari Raya dan Kitab Suci

 Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu Jua! 6 Agama di Indonesia: Tempat Ibadah, Hari Raya dan Kitab Suci

Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu Jua! 6 Agama di Indonesia: Tempat Ibadah, Hari Raya dan Kitab Suci-vektor makro-freepik

6. Khonghucu

Agama Konghucu dan ajaran Konghucu pertama kali muncul pada abad ke 17. Hal ini ditandai dengan munculnya bangunan-bangunan kuno di Pontianak yang banyak digunakan sebagai tempat ibadah bagi penganut agama Konghucu.

Di Indonesia sendiri, Konghucu merupakan agama terbesar keenam, 0,05%, dengan jumlah penduduk sekitar 100.000 jiwa. Kitab Si Shu dan Kitab Lima Klasik (Wu Jing) adalah dua kitab utama yang digunakan oleh penganut Konghucu.

Dalam Konfusianisme, lithang adalah doa, doa, atau pemujaan di kuil atau rumah. Konfusianisme memiliki banyak hari raya penting, seperti Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh dan Cheng Beng.

BACA JUGA:Honda Saloon 2003 Concept, Masa Depan Inovasi Mobil Listrik

Khonghucu pada awalnya disebut ajaran Konfusius atau Konfusianisme. Agama Khonghucu memiliki pemahaman Konfusianisme sebagai sebuah filosofi, dan para pengikutnya berdoa dan beribadah di klenteng.

Populasi penganut Konghucu di Indonesia masih sedikit. Dengan kata lain hanya 0,05%. Meski demikian, Indonesia masih disibukkan dengan perayaan hari besar – perayaan Tahun Baru.

Tempat Ibadah: Klenteng/Litang

Hari Penting: Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, Twan Yang, Hari Tangcik

Kitab Suci: Wu Jing (Kitab Suci yang Lima), Si Shu (Kitab Yang Empat), Xiao Jing (Kitab Bakti)

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang agama resmi di Indonesia, mulai dari tempat ibadah, hari raya, hingga kitab suci. 

BACA JUGA:10 Macam Kerusakan Yang Bisa Menimpa Semua Jenis dan Merek Motor

Diharapkan dapat membuka pemahaman terhadap agama yang dianut masyarakat Indonesia. Untuk mempelajari lebih lanjut ajaran agama Indonesia, dapatkan berbagai macam Alkitab, buku pelajaran agama, dan buku tentang agama lain.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber