Menyongsong Pemilu 2024! Ajakan Kemenkumham Sumsel kepada ASN untuk Menjaga Netralitas

Menyongsong Pemilu 2024! Ajakan Kemenkumham Sumsel kepada ASN untuk Menjaga Netralitas

Menyongsong Pemilu 2024! Ajakan Kemenkumham Sumsel kepada ASN untuk Menjaga Netralitas--Foto: dok Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan terus berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan dalam upaya ini adalah Ceramah Hukum Terpadu.

Pada Rabu (17/1), Tim Penyuluh Hukum di bawah kepemimpinan Kepala Bidang Hukum, Ave Maria Sihombing, menggelar kegiatan di Kantor Camat Kemuning, Palembang, dengan tema "Menciptakan Netralitas bagi Aparatur Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu Tahun 2024."

Dalam pembukaan kegiatan, Ave Maria Sihombing menekankan pentingnya netralitas aparatur pemerintah, terutama kades/lurah, sebagai unsur yang sangat berhubungan dengan masyarakat.

"Untuk mewujudkan sistem demokrasi negara yang berkedaulatan rakyat, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup pemerintah yang netral agar Pemilu 2024 dapat berjalan tertib dan kondusif," ujar Ave Maria.

BACA JUGA:Perang Dingin Antara Kartel Narkoba dan Pemerintah di Ekuador Masih Bersitegang

Muhammad Irman, Camat Kemuning Palembang, turut menyampaikan pentingnya tema ceramah hukum ini mengingat Pemilu 2024 merupakan agenda besar dalam pesta demokrasi.

"ASN sebagai pejabat publik harus memahami poin-poin tentang netralitas agar tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Harapannya, hasil diskusi hari ini dapat disosialisasikan kepada rekan ASN lain agar bijak menghadapi tahun politik," tandas Irman.

Selain membahas netralitas aparatur pemerintah, ceramah hukum juga menyentuh tentang kegiatan tahunan Paralegal Justice Award 2024 yang baru dibuka bagi para lurah/kades.

Disampaikan bahwa lurah/kades, sebagai tokoh dekat dengan masyarakat, memegang peran penting sebagai hakim perdamaian desa/kelurahan atau juru damai. Mereka dapat menyelesaikan masalah hukum yang timbul di tingkat lokal, menghindarkan konflik dari berlanjut ke ranah hukum formal.


Menyongsong Pemilu 2024! Ajakan Kemenkumham Sumsel kepada ASN untuk Menjaga Netralitas--foto: dok Kemenkumham Sumsel

Ave Maria Sihombing menyatakan bahwa kegiatan Ceramah Hukum Terpadu ini tidak hanya menjadi ajang penyuluhan.

Camat Kemuning Palembang tetapi juga akan rutin dilaksanakan, menyasar daerah atau kecamatan lain yang dianggap sebagai sasaran yang tepat untuk mendapatkan pemahaman hukum yang lebih baik.


Menyongsong Pemilu 2024! Ajakan Kemenkumham Sumsel kepada ASN untuk Menjaga Netralitas--foto: dok Kemenkumham Sumsel

Hal ini sejalan dengan upaya Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk menjadikan masyarakat yang lebih sadar hukum, menjelang Pemilu 2024 yang diharapkan berlangsung secara tertib dan kondusif.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: