Bagaimana Teknologi QR Code Dapat Berfungsi? Inilah 7 Bagian Penyusun yang Terdapat Di Dalam QR Code!

Bagaimana Teknologi QR Code Dapat Berfungsi? Inilah 7 Bagian Penyusun yang Terdapat Di Dalam QR Code!

Bagaimana Teknologi QR Code Dapat Berfungsi? Inilah 7 Bagian Penyusun yang Terdapat Di Dalam QR Code--Foto : freepik.com/rawpixel-com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Quick Response Code atau yang lebih dikenal dengan QR Code merupakan teknologi yang menggunakan jenis kode batang dua dimensi (2D) untuk dapat mempermudah akses informasi secara online.

Untuk menggunakan teknologi QR Code ini cukup dengan menggunakan fitur pemindaian atau scanner pada kamera digital yang ada di smartphone.

Memasuki era digitalisasi seperti saat ini, tentunya QR Code ini sangat mudah untuk ditemukan pada berbagai tempat.

Tujuan dari penggunaan QR Code ini tentu beragam, pengguna dapat melakukan scan atau memindai QR Code hanya dengan menggunakan smartphone miliknya.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Headset Gaming Murah Terbaik dengan Performa Unggulan. Sensasi Menyenangkan Bermain Game

Pada umumnya, untuk saat ini hampir semua perangkat smartphone telah dilengkapi dengan fitur pemindai atau scanner.

Teknologi QR Code ini pertama kali ditemukan pada tahun 1994 oleh perusahaan asal Jepang yaitu Denso Wave yang merupakan anak perusahaan Toyota.

Kegunaan awalnya yaitu untuk melacak kendaraan dan suku cadang selama proses pembuatan mobil Toyota, agar menjadi lebih cepat dan tepat.

Oleh karena itu, pembuatan QR Code ini berawal dari barcode atau kode batang yang dapat dibaca dari atas ke bawah melalui pemindaian dan hanya berisi sedikit informasi.

BACA JUGA:CCTV Xiaomi BW400 Pro: Inovasi Terbaru dengan Panel Surya dan BateraBACA JUGA:Inilah 4 Contoh Penerapan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Bidang Pendidikan!i 10.000mAh

Sementara, QR Code sendiri dapat dibaca dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri, sehingga teknologi ini dapat berisi informasi yang lebih banyak.

Hal ini dapat terjadi karena QR Code mampu mengkodekan karakter kanji, kana, dan alfanumerik (huruf, tanda baca, angka, dan lambang matematika).

 

Penemuan teknologi QR Code oleh Denso Wave ini berperan sangat penting dan dapat digunakan secara umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber