Begini SOP Paspampres Rusia Mengawal dan Melindungi Putin

Begini SOP Paspampres Rusia Mengawal dan Melindungi Putin

Putin melayani ajakan swafoto gadis Rusia di Lapangan Merah.-pixabay.com/klimkin-

Pejabat negara lain bisa mendapatkan pengawalan pribadi atas perintah khusus presiden.

BACA JUGA:Mengenal Mainan Anak-anak Rusia Boneka Nevalyashka

Siapa saja pengawal Putin?

Di dalam Dinas Keamanan Federal, ada unit khusus yang memastikan keamanan pribadi Presiden. Anehnya, persyaratan untuk mengisi posisi ini tidak termasuk pengalaman di medan perang. “Tidak mungkin penjaga keamanan presiden harus mengatur penyergapan di gunung atau melompat dengan parasut,” kata seorang mantan pegawai keamanan presiden. “Pengalaman bertarung memang berguna, tetapi sering kali tidak berlaku dalam pekerjaan kami. Selama perang, kita menyerang. Namun, seorang pengawal seharusnya hanya melindungi kepala negara dari seseorang yang tidak terlihat.”

Itulah sebabnya mengapa mantan anggota polisi tak cocok untuk pekerjaan ini karena mereka dilatih untuk menangkap, sementara bagi pengawal presiden, keamanan kepala negara merupakan prioritas (menangkap penyerang bukan tugas utamanya). Seorang pengawal harus memiliki “psikologi operasional”. Artinya, ia harus mampu mengantisipasi dan mencegah ancaman dan melakukannya tanpa diketahui orang lain, dan itu penting. Ada pula persyaratan lain untuk mengisi posisi tersebut: pelamar harus berusia di bawah 35 tahun, memiliki tinggi antara 175 dan 190 sentimeter dan berat antara 75-90 kilogram.

Pengawal pribadi presiden juga harus memahami bahasa asing dan, pada dasarnya, mahir dalam politik (sekadar untuk memahami siapa yang mendekati presiden dan bagaimana orang-orang ini harus diperlakukan). Dalam video di kanal YouTube, anggota keamanan meminta Conor McGregor untuk melepaskan tangannya dari bahu Putin.

BACA JUGA:Grup A Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Rotasi Pemain Timnas Indonesia Hadapi Brunei Darussalam

Para pengawal presiden memiliki stamina yang tinggi. Mereka dilatih untuk menahan udara dingin dalam mantel tipis (mantel tebal dapat menghambat gerakan mereka) dan tidak berkeringat di tengah cuaca panas. Menurut beberapa laporan, para pengawal presiden mengonsumsi suplemen tertentu yang memengaruhi proses fisiologis mereka. Omong-omong, mereka boleh merokok karena dipercaya dapat membantu meredakan stres lebih cepat, tapi tentu saja tidak selama pelatihan atau bekerja. Pekerjaan pengawal presiden sangat menguras tenaga, itulah sebabnya mereka dibebastugaskan setelah berusia 35 tahun.

Bagaimana pengawal Putin bekerja dan peralatan apa saja yang mereka gunakan?

Selama “beraksi” (sewaktu presiden berada di depan umum), para pengawal diatur secara longgar dalam empat lingkaran. Lingkaran terdekat dengan presiden adalah pengawal pribadinya, pria berjas berparas mengancam, mengenakan kacamata hitam, dengan sebuah perangkat penyuara kuping di telinga dan sebuah koper. Mereka terlihat garang karena suatu alasan — bagi penyerang, ini mengisyaratkan bahwa pejabat tersebut dilindungi dengan ketat.

Ciri lain seorang pengawal presiden terlihat dari tangannya yang selalu di depan tubuh atau tangan kiri biasanya setengah terangkat. Ini adalah persyaratan wajib — pengawal harus selalu dalam posisi waspada. Apalagi, “lingkar pertama” bertugas melindungi presiden dengan tubuh mereka jika sewaktu-waktu terjadi bahaya. Paspampres ini melakukannya ketika terjadi serangan kelompok Femen di Hannover pada 2013.

BACA JUGA:Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan, Zat Aditif pada Makanan Ringan Mengintai Kesehatan si Buah Hati!

Koper yang dibawa para pengawal adalah perisai yang dapat digunakan untuk melindungi presiden dari peluru. Para penjaga dipersenjatai dengan pistol Gurza 9 mm yang dapat menembakkan hingga 40 peluru per menit, dan menembus rompi antipeluru dari jarak 50 meter. Namun, jika terjadi baku tembak, itu berarti tim keamanan telah gagal karena serangan apa pun harus dicegah terlebih dahulu. Peralatan lain yang dimaksudkan untuk melindungi presiden adalah payung kevlar yang dibawa oleh pengawal — payung ini sangat kuat dan dapat melindungi diri dari peluru.

Namun, pengawal “lingkar pertama” bukan yang paling penting, melainkan yang kedua. Tidak seperti yang pertama, mereka sama sekali tidak mencolok di antara kerumunan. Mereka berpakaian formal, bergerak diam-diam, dan mencari penyerang potensial. “Lingkar ketiga” mengelilingi perimeter kerumunan, mencegah orang yang mencurigakan berada di dekat presiden. “Lingkar keempat” adalah para penembak jitu yang terletak di atap bangunan di sekitarnya. Itulah mengapa berlari, berteriak, dan membuat gerakan tergesa-gesa di dekat presiden sangat berbahaya — Anda akan mendapatkan titik merah (sasaran penembak jitu) di kepala Anda dalam hitungan detik.

Selain itu, ketika presiden muncul di ruang publik yang terbuka luas, peralatan pelindung tambahan mungkin dipasang. Dalam video berikut, Vladimir Putin berziarah ke makam mendiang Wali Kota Sankt Peterburg Anatoliy Sobchak dengan meletakkan bunga di monumennya. Di sekelilingnya, terlihat layar-layar kaca antipeluru dipasang khusus untuk acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russia beyond