Begini SOP Paspampres Rusia Mengawal dan Melindungi Putin

Begini SOP Paspampres Rusia Mengawal dan Melindungi Putin

Putin melayani ajakan swafoto gadis Rusia di Lapangan Merah.-pixabay.com/klimkin-

Bisa jadi orang yang paling populer dan penting di muka Bumi saat ini adalah Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin.

Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak mengenalnya, baik secara langsung mau pun melalui media publikasi dan internet.

Ya, Putin sangat populer dan penting terutama setelah Rusia melakukan operasi militer khusus ke Ukraina. Langkah tersebut membuat Putin menjadi orang yang mendapat skala prioritas tertinggi untuk dilindungi oleh pasukan keamanan Rusia.

Lalu, seperti apakah standard operational procedure (SOP) pengamanan seorang Presiden Putin?

BACA JUGA:Perjuangan Umat Kristen Gaza Merayakan Natal di Bethlehem di Tengah Pembatasan Israel

Russia Beyond menerbitkan sebuah artikel pada 20 September 2021 lalu dengan judul 'Bagaimana Paspampres Rusia Mengawal dan Melindungi Putin?' Artikel tersebut diolah dari berbagai sumber dan menjelaskan bagaimana SOP yang berlaku dalam mengamankan Presiden Rusia Putin. Menurut Russia Beyond, Pasukan Pengamanan Presiden Rusia terdiri atas personel-personel terbaik dan paling terlatih di negara ini. Inilah segala informasi (yang kami ketahui) tentang tugas dan tanggung jawab Paspampres di Rusia.

Beberapa bulan sebelum Presiden Putin meninggalkan kediamannya untuk tampil di mana pun di muka umum, tim keamanannya sudah mulai bekerja. Pertama-tama, mereka akan menganalisis segala kemungkinan ancaman, mulai dari aktivitas kriminal, kerusuhan, persepsi citra, bahkan kemungkinan bencana alam, seperti gempa bumi atau banjir di wilayah tersebut selama kunjungan.

Persiapan

Sekitar sebulan sebelum kunjungan Putin, anggota Paspampres sudah mendatangi lokasi yang dituju untuk mengoordinasikan jadwal keamanan dengan otoritas setempat, dan memeriksa akomodasi tempat presiden akan tinggal. Semuanya diperbaiki sehingga selama presiden tinggal tidak ada teknisi atau tukang reparasi yang perlu mengakses kamarnya.

BACA JUGA:Tentara Pendudukan Israel Renggut Nyawa Pesepak Bola Muda Palestina di Tepi Barat

Para insinyur dan ahli teknologi informasi dalam satuan Paspampres memasang jammer untuk menangkal segala sinyal radio ke lokasi presiden. Peralatan yang dipasang Paspamres dapat mendeteksi dan terhubung ke semua ponsel pintar dan perangkat lain yang berada di dekat lokasi presiden untuk mengontrol aktivitas mencurigakan. Bagi Anda yang peduli pada masalah privasi — menurut undang-undang Rusia — pasukan pengamanan presiden berhak untuk memasang dan menggunakan segala jenis perangkat keras dan perangkat lunak penyadapan, melakukan penggeledahan badan, memiliki akses ke gedung dan organisasi apa pun, atau menyita kendaraan apa pun jika diperlukan demi keamanan presiden. Namun, penyitaan kendaraan sipil hanya diperbolehkan “dalam kondisi ekstrem” dan tidak ada satu pun catatan resmi tentang kejadian semacam itu. Setelah persiapan menyeluruh dilakukan, Presiden tiba dan langkah-langkah keamanan yang telah diatur sebelumnya segera diterapkan.

Siapa saja yang dilindungi Dinas Perlindungan Federal?

Pasukan khusus yang bertanggung jawab atas keamanan presiden Rusia disebut Federalnaya Sluzhba Okhrany (FSO) atau Dinas Perlindungan Federal dalam bahasa Indonesia. Baik daftar anggota maupun anggaran unit tersebut sebagian dirahasiakan, tetapi sumber setengah resmi mengatakan bahwa, secara total, jumlah anggota FSO mencapai lebih dari 50 ribu personal. Mengapa begitu banyak?

Selain presiden, Dinas Perlindungan Federal sebenarnya memastikan keamanan banyak orang, seperti: Perdana Menteri, Ketua Duma Negara (parlemen Rusia), Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan, Direktur Dinas Keamanan Federal (FSB), Ketua Dewan Keamanan, Kepala Staf Kepresidenan dan para wakilnya, dan Ketua KPU Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russia beyond