Bikin Kaget! 6 Manfaat Penggunaan Teknologi Text-to-Speech yang Dapat Mengubah Teks Menjadi Suara!

Bikin Kaget! 6 Manfaat Penggunaan Teknologi Text-to-Speech yang Dapat Mengubah Teks Menjadi Suara!

Bikin Kaget! 6 Manfaat Penggunaan Teknologi Text-to-Speech yang Dapat Mengubah Teks Menjadi Suara!-kamranaydinov-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Text-to-Speech merupakan suatu sistem berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat mengubah teks menjadi suara secara cepat dan sesuai.

Sistem Text-to-Speech ini mampu mengonversi mulai dari teks sederhana, buku, berita, artikel, maupun konten website ke dalam bentuk audio atau suara.

Meskipun merupakan hasil konversi dari sebuah teknologi, namun suara yang dihasilkan teknologi Text-to-Speech ini terbilang cukup natural, sehingga terdengar seperti suar manusia biasa bukan seperti suara robot.

Text-to-Speech sendiri merupakan salah satu teknologi asistif yang dapat membaca tulisan dan mengubahnya menjadi suara.

BACA JUGA:Tahukah Kalian, Inilah 14 Varian dari Corona Virus

Teknologi ini diciptakan dengan tujuan untuk dapat mempermudah manusia jika ingin memahami suatu teks dengan hanya mendengarkannya.

Text-to-Speech juga termasuk teknologi speech synthesis, yaitu teknologi ini menghasilkan suara sintesis yang mirip dengan suara manusia karena teknologi ini menggunakan machine learning.

Algoritma machine learning inilah yang membuatnya dapat berbicara menyerupai manusia dengan berbagai jenis suara baik itu berdasarkan jenis kelamin, aksen bahasa, jeda, maupun intonasi.

Berikut ini beberapa contoh dari manfaat penggunaan teknologi Text-to-Speech dalam menjalankan aktivitas sosial.

Sebagai Voice Over

Content creator terkadang akan mengalami kendala dalam hal voice over terhadap suatu konten yang sedang dibuat.


Bikin Kaget! 6 Manfaat Penggunaan Teknologi Text-to-Speech yang Dapat Mengubah Teks Menjadi Suara!-fabrikasimf-freepik

Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai alasan seperti: tidak menemukan suara narator yang sesuai, budget yang minim, maupun deadline yang sudah dekat.

Teknologi Text-to-Speech ini dapat menjadi solusi sebagai narator dari konten tersebut. Penggunaan teknologi ini juga terbilang cukup mudah, pengguna hanya perlu memasukkan teks yang ingin dibacakan lalu sistem Text-to-Speech ini akan mengonversinya menjadi audio atau suara secara otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber